Satu Gudang dan Bangsal Terbakar di Kampung Baru, Wawali Rahmad Tinjau Lokasi

BALIKAPAPAN, Inibalikpapan.com— Satu bangsal dan gudang terbakar di RT 17 Kelurahan Baru Ulu, Balikpapan Barat yang terbakar, Selasa (11/8/2020) pukul 20.30 wita.

Butuh 10 unit pemadaman untuk menjinakan api yang melahap bangunan yang berada di pinggir laut.

Beruntung, saat kebakaran arah angin kearah laut sehingga, tidak merembet ke rumah warga lainnya. Sehingga pukul 21.05 wita, api bisa dipadamkan dan dilakukan proses pendinginan.

Dalam proses pemadaman ini dipantau langsung Wakil Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Usman Ali mengatakan BPBD saat menerima kabar menerjunkan pos terdekat di Baru Tengah dan Balikpapan Barat, dengan kondisi api cukup besar.

“Kita kerahkan ruang lebih 10 unit baik dari Barat, kota, tengah, utara dan selatan. Yang terbakar satu  rumah berbentuk bangsal dan satu gudang kosong terimbas sekitar 2-3 rumah. Tidak ada korban jiwa, sebab kebakaran masih dilakukan penyeledikan. Kurang lebih 40 menit sampai 1 jam sudah bisa kita kendalikan,”jelas Usman.  

Wakil Wali Kota Rahmad Mas’ud menyampaikan apresiasi kepada tim rescu dan relawan bencana bersama masyarakat yang cepat merespon kejadian ini sehingga bisa cepat dipadamkan. Apalagi arah angin juga meski musim angin selatan namun api bisa dipadamkan segera.

“Tim rescue luar biasa kita berikan apresiasi kepada mereka, dimanapun berada tapi mampu menjadi lini terdepan melakukan pertolongan bukan hanya kebakaran tapi tanah longsor, banjir mereka selalu tanggap. Kita berikan semangat buat mereka,” katanya.

Dia menghimbau kepada masyarakat kondisi cuaca yang berubah-berubah apalagi Agustus ini seharusnya sudah musim kemarau, minta kepada warga yang ada di atas bukit tetap waspada longsor. “Kemudian bahaya kebakaran juga kita imbau jangan tinggalkan rumah dalam keadaan kosong. Tetap waspada, kalau tetap terjadi kita serahkan kepada Allah tapi kita tetap usaha dulu,” tukasnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.