Focus Group Discussion (FGD) yang digelar DPRD Kota Balikpapan

Sejumlah Akademisi UGM Dihadirkan Dalam FGD Peningkatan Fungsi Persandian

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Dosen Fakultas Teknik Universitas Gajahmada (UGM) Prof. DR. Ing. Ir Ahmad Munawar, M. Sc mengungkapkan, Peningkatan Fungsi Persandian Dalam Rangka Pengamanan Informasi Pada Pemerintah Daerah Kepada Perangkat Daerah adalah sangat penting.

Hal itu disampaikan Ahmad Munawar saat menjadi narasumber dalam Focus Group Discussion (FGD) yang digelar DPRD Kota Balikpapan dalam rangka kajian akademik Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Peningkatan Fungsi Persandian Dalam Rangka Pengamanan Informasi Pada Pemerintah Daerah Kepada Perangkat Daerah.

“Tujuan lain kajian ini adalah untuk mengetahui tentang kesesuaian jenjang bidang persandian pada profil pemerintah kota Balikpapan sesuai dengan kebutuhan bidang persandian tersebut. serta mengetahui secara garis besar tentang konsep atau rancangan teknis bidang persandian pada pemerintah kota yang sesuai untuk diterapkan,” ujarnya.

Sementara Ketua Komisi 1 DPRD Kota Balikpapan Faisal Tola mengungkapkan, FGD nantinya bukan hanya sebagain kajian akademiss untuk melahirkan raperda, namun juga untuk membangun sistem keamanan Pemerintah Kota Balikpapan yang modern

“Harapan kami nantinya ada badan sendiri di Kota Balikpapan, selain Badan Sandi Negara yang menangani masalah informasi rahasia. Jadi, di Kota Balikpapan ada badan atau lembaga sendiri dan tidak tergabung dengan Kesbangpol Balikpapan,” ujarnya.

Selain Ahmad Munawar juga hadir akademisi UGM yang juga menyampaikan materi diantaranya, Dosen Fakultas Teknik (Ahli IT) Ir. Mochamad Santoso, M. Sc, Ahli IT dan Dosen Fakultas Hukum (Ahli Hukum) Dr. Harry Supriyono SH.

FGD yang di moderatori Sekretaris Komisi 1 DPRD Balikpapan Abdul Jabar, berlangsung menarik. Sekitar seratusan tamu dan undangan hadir dal;am acara yang digelar di Hotel Novotel Selasa (18/06)

Baca juga ini :  Dewan Kembali Minta Perwali KTL Ditinjau Ulang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.