SMAN 3 Balikpapan Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Ini Pesan Wali Kota

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Salah satu pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka di SMA Negeri 3 Balikpapan adalah dilakukannya Gelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang mengangkat tema Kewirausahaan, Rabu (5/10/2022).

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan Gelar Karya Proyek Pengutan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang mengangat tema Kewirausahaan Kelas X SMAN 3 Balikpapan.

“Di zaman global seperti saat ini harus punya kemampuan, setelah lulus SMA jangan hanya ingin jadi pegawai atau hanya jadi karyawan, tapi tanaman jika lulus sekolah bukan hanya mencari kerja tapi buka lapangan kerja,” ujar Rahmad Mas’ud.

Termasuk selalu memotivasi diri kita dan tanamkan betul dua poin ini jika ingin jadi sukses, pertama tanaman kan punya keberanian dan kemauan hadapi tantangan apapun, kedua tanaman kepercayaan kepada diri kita dan orang lain.

“Jika kedua poin itu dilaksanakan,tidak mustahil apa yang menjadi keinginan kita bisa tercapai,” kata Rahmad.

Sedangkan Kepala SMAN 3 Balikpapan Wahyudi mengatakan, P5 ini sebuah pembelajaran di kurikulum merdeka di ekpresikan dan dibimbing teman fasilisator disampai 70 persen belajar.

“Dalam tema ini diharapkan siswa nantinya dapat untuk mengidentifikasi potensi ekonomi ditingkat lokal dan masalah yang ada dalam pengembangan potensi tersebut, serta kaitannya dengan aspek lingkungan sosial dan kesejahteraan masyarakat,” akunya. 

Lanjut Wahyudi menambahkan, siswa kemudian juga dapat merancang strategi untuk meningkatkan potensi ekonomi lokal dalam kerangka pembangunan berlanjutan. Sehingga siswa akan lebih terlibat ke dalam kegiatan ekonomi dan berwirausaha, serta berkreasi untuk menghasilkan karya bernilai jual dan kegiatan lainnya yang kemudian diikuti dengan proses analisis dan refleksi hasil kegiatan yang telah dilakukan.

“Sekaligus memberikan peluang dan kebebasan anak-anak mengekpresikan hasil buatannya untuk di pasarkan memanfaat digitalisasi,” tutupnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.