Rumah sakit Kanudjoso Djatiwibowo Balikpapan yang menjadi rujukan covid-19

Sudah 161 Tenaga Kesehatan Balikpapan Terpapar Covid-19

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com –Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan mengungkapkan, penularan covid-19 di sejumlah rumah sakit semakin meluas. Karena bukan hanya tenaga medis yang terpapar covid-19

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, hingga Senin (31/08) petang, jumlah tenaga kesehatan yang telah terpapar covid-19 mencapai 161 orang

“Yang pasti meluas dari tenaga medis ke tenaga kesehatan. Total di kami sudah 161 kasus,” ujarnya.

Menurutnya, tenaga kesehatan bukan hanya tenaga medis dokter maupun perawat, tapi juga tenaga apotik atau apoteker hingga tenaga administrasi di rumah sakit.

“Kami tidak mengatakan tenaga medis, tapi tenaga kesehatan karena sudah sangat meluas, bukan hanya dokter perawat yang tertular, apoteker, tenaga administrasi sudah banyak yang tertular,” ujarnya

Sementara menyangkut over kapasitas ruang isolasi khususnya bagi pasien covid-19 di rumah sakit, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menjelaskan, kini rumah sakit hanya akan memberlakukan prioritas.

“Tentu kita biasanya pihak rumah sakit melakukan prioritas, jadi kalau ada pasien yang perlu penanganan khusus maka akan dilihat pasien mana dulu yang akan ditunda , pasien mana yang didahulukan,” ujarnya

“Biasanya seperti itu dilihat kondisi pada saat itu. Jadi ada penanganannya yang dipercepat tenaga kesehatan di rumah sakit akan melihat situasi dan kondisi.”

Sebelumnya Rizal menuturkan, kapasitas rumah sakit hanya mampu menampung 212 pasien positif covid-19. Namun jumlah pasien yang dirawat sudah mencapai 221 kasus. Sehingga kini over kapasitas.

“Saya mohon pengertian masyarakat ini (terapkan protokol kesehatan) jumlah yang dirawat sudah melebih kapasitas rumah sakit,” ujanya.

“Kapasitas rumah sakit kita 212 (ruang)  ini sudah 221 jadi sekarang daya tampungnya sudah dibawah daeri jumlah yang terkonfirmasi positif.”

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.