Tingkatkan Keandalan Interkoneksi Transmisi antar 2 Provinsi, PLN Bangun SUTT 150Kv Grogot-Sei Durian

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Sudah menjadi komitmen dari PT PLN (Persero), untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Yang bertujuan untuk mewujudkan keadilan konsumsi listrik. 

Seperti dengan meningkatkan keandalan sistem kelistrikan. Yang salah satunya untuk mendukung perkuatan sistem kelistrikan dengan looping jaringan di Kaltim hingga Kalsel yang telah terinterkoneksi. Di mana akan dibangun SUTT 150kV Grogot – Sei Durian.

Pekerjaan pembangunan SUTT 150kV ini menjadi Proyek Strategis Nasional yang saat ini tengah dilaksanakan oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT) dan sedang dalam tahap pra konstruksi. 

“Proyek ini memiliki panjang jalur -/+ 87,6 kilo meter sirkit. Selain itu SUTT 150kV Grogot – Sei Durian akan ditopang oleh 251 tower,” jelas Basuki Rahman, Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi.

Proyek ini, membentang melintasi 2 Provinsi. Dari sisi Kaltim melalui Kabupaten Paser. Tepatnya: Kecamatan Tanah Grogot, Paser Balengkong, Batu Engau. Yang kemudian menyambung hingga Kabupaten Kota Baru Kalsel melalui Kecamatan Pamukan Barat dan Sungai Durian.

Upaya lain dalam perkuatan sistem interkoneksi pada sisi Kalsel ini juga akan dilaksanakan, melalui pembangunan SUTT 150 kV Sei Durian – Tarjun dengan jumlah sebanyak 290 tower.

“Saat ini tahapan pengadaan tanah pada jalur Grogot – Sei Durian dalam penilaian Apraisal dan pada jalur Sei Durian – Tarjun telah masuk tahapan Inventarisasi dan identifikasi kepemilikan,” tambah Basuki.

PLN mengapresiasi sambutan dan dukungan yang sangat baik dari masyarakat serta Pemerintah Daerah atas upaya pelaksanaan pembangunan SUTT 150kV Grogot – Sei Durian. Di mana tentu dengan adanya Proyek Strategis Nasional ini dapat meningkatkan kemajuan daerah. 

“Dapat dipastikan proyek pembangunan ini akan berimbas pada peningkatan iklim investasi di daerah tersebut. Dan tentu saja ekonomi daerah juga dipastikan akan meningkat,” pungkas Basuki

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.