Mochamad Iriawan / Kemenpora

Untuk Mengenang Tragedi Kanjuruhan, PSSI Usulkan Setiap 1 Oktober Hari Libur Sepak Bola Indonesia

JAKARTA, Inibalikpapan.com – PSSI mengusulkan setiap tanggal 1 Oktiber sebagai hari libur Sepak Bola Indonesia. Usulan itu disampaikan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan

Dia mengatakan, hal itu untuk mengenang Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 orang. Sehingga setiap tanggal 1 Oktober kompetisi libur atau tidak ada pertandingan sepak bola.

“Sebagai respon menyikapi Tragedi Kanjuruhan melalui forum ini kami dari PSSI ingin memberikan usulan untuk mengajak semua pihak agar setiap tanggal 1 Oktober menjadi Hari Libur Sepakbola Indonesia, baik turnamen dan kompetisi untuk mengenang Tragedi Kanjuruhan yang merenggut ratusan korban jiwa,” ujarnya dikutip dari laman Kemenpora.

Mantan Kapolda Metro Jaya itu berharap, kedepan tidak ada lagi kejadian yang hingga emakan korban jiwa dalam sepak bola nasional. Karena olahraga harusnya menjadi alat pemersatu.

“Kita sepakat untuk kedepan tidak ada lagi kejadian yang memakan korban nyawa. Mari kita jadikan sepakbola sebagai olahraga pemersatu dan olahraga yang menyenangkan bukan menjadi tempat yang menakutkan,” tambahnya.

Pelaksanaan kongres ini lanjutnya, adalah sebagai respon positif atas semua masukan dan saran serta rekomendasi dari berbagai pihak khususnya dari Tim Gabungan Independen Pencari Fakta Tragedi Kanjuruhan Malang (TGIPF). 

“Kami percaya semua masukan bermuara pada niat membawa sepak bola kita lebih baik dan lebih maju. Melalui kongres ini pula menunjukkan bahwa PSSI sangat terbuka untuk kemajuan sepak bola Indonesia,” ujarnya

Sementara Kongres Biasa PSSI menurutnya adalah agenda yang biasa dilakukan setiap tahunnya. Dalam Kongres Biasa ini akan dipaparkan program kerja atau capaian hasil maupun laporan keuangan.

“Kongres Biasa PSSI kali ini ada yang luar biasa karena kita akan membentuk Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP). Perbedaan kongres ini muncul atas respon dari Tragedi Kanjuruhan,” ujarnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.