Warga di 6 Perumahan Terpapar Covid, Dipersilakan Lakukan Lokcdown Lokal

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com —-  Tim Satgas Covid Balikpapan menemukan ada enam klaster perumahan yang warga atau penghuninya terpapar covid-19.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyebutkan sedikitnya enam perumahan yang warganya terpapar yakni Perumahan Taman Bukit Sari, Regensi, Perumnas, Taman Intan Griya dan Perum Sepinggan serta Klaster Graha Indah.

Kasus yang berkembang di perumahan ini menurutnya menjadi perhatian timnya agar warga bersama aparatur pemerintah ditingkat bawah melakukan upaya pencegahan agar tidak meluas.

“Klaster Graha Indah ini ada 5 orang dalam keluarga positif. Mereka jalani isolasi mandiri,” ungkap Rizal Effend dalam rilis tim Satgas Covid, Rabu sore (30/9/2020).

“Ya ada empat atau lima perumahan. Walaupun jumlahnya tidak besar. Ada yang satu orang, ada yang dua, ada yang empat (pasien positif),” katanya.

Rizal meminta warga sekitar untuk melakukan lockdown lokal diareal pemukiman agar tidak terjadi  perluasan dari klaster keluraga menjadi klaster lingkungan seperti yang terjadi di kawasan Manggar RT 20, beberapa waktu lalu.

“Harus cepat diantisipasi. Kan ada usul dari Bapak Presiden menyarankan ada PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) lokal atau lockdown lokal. “silakan (konsultasi) dengan lurah, dengan babinsa, masing-masing harus mencermati lingkungannya,” katanya.

Wali kota  menilai proses PSBB lokal  dapat dikoordinir dari kelurahan. Sedangkan sebagai kepala daerah sekaligus ketua tim gugus tugas, cukup mengetahui. “Kalau memang harus dilakukan PSBB lokal itu nanti hasil evaluasi tim gugus tugas di tingkat kelurahan,” ujarnya.

Diketahui hari ini ada 42 penambahan kasus positif. Dari jumlah itu, ada 5 orang yang terpapar satu keluarga di perumahan Graha Indah, Balikpapan Utara. Saat ini mereka sedang melakukan isolasi mandiri.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Update 31 Oktober 2020 : Bertambah 37 Kasus Positif Baru Covid-19 di Balikpapan, 7 Kasus Usia Anak

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com Kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Balikpapan kembali meningkat hari ini. Laporan Satgas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.