Sosialisasi Kewiarusahaan Pemuda 2022 yang digelar Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan di Hotel Novotel pada Sabtu (18/06/2022)

Wirausaha Muda Berprestasi Berbagi Tips Bagi Generasi Muda di Balikpapan  

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com –  Sulthan Nur Hidayatullah Wirausaha Muda Berprestasi yang meraih penghargaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berbagai tips.

Sultha berbagi tips saat Sosialisasi Kewiarusahaan Pemuda 2022 yang digelar Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan di Hotel Novotel pada Sabtu (18/06/2022)

Dia mengatakan, bagi generasi yang ingin membangun usaha paling utama menyiapkan mental. Apalagi ditengah arus digital, sehingga pemanfaatan tekhnologi menjadi utama

“Wirausaha itu tidak tentang satu produk, atau dua produk atau sebuah produk yang kita fokuskan, tapi tentang mental,” ujarnya kepada awak media.

“Karena pengalaman saya sudah beberapa kali dalam beberapa bidang, ada training agency, usaha cafe, ruko, perikanan dan produk kimia. Jadi beberapa,”

Menurutnya, jika tak punya mental yang baik maka akan sulit untuk bisa membangun usaha. Karena wiarusaha tidak hanya menyangkut soal modal maupun produk.

“Jadi apa kesimpulannya tentang mental. Mental itu ibarat nyawanya usaha. Kalau kita punya modal, punya produk tapi tidak punya mental mati juga usaha,” ujarnya.

“Tapi kalau kita punya mental, modalnya belum ada, produknya belum ada tapi dengan mental itu kita akan mencari dan menemukan,”

Karena kata dia, dalam menjalankan usaha ada persaingan sehingga harus siap. Jika tidak memiliki mental yang bagus maka akan tersisih dari pesaingan. Sulit untuk bisa mengembang usaha.

“Yang paling ditangkap dari forum tadi menurut saya kalau bicara wirausaha tidak hanya bicara pemuda, tapi bicara persaingan, bicara persaingan itu antara profesional A, profesional B, perusdahaan A, orang-orang lainnya,” ujarnya

“Sementara mental kita untuk menghadapi persaingan itu agak kurang. Dari persaingan itu terbentuklah peluang. Semakin kita mampu bersaing, semakin akan dekat peluang,” ujarnya

Baca juga ini :  Bawaslu Lakukan Persiapan Jelang Pemilu 2024

Disamping juga harus dibekali dengan kapasitas. Sehingga bukan hanya bisa bersaing tapi juga bisa memanfaatkan peluang. “Terkadang pemuda ini mau bersaing tapi tidak menyaipakn kapasitas, ingin dimanjakan,” ujarnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.