Home / iniHL / DPPP Balikpapan Siapkan 3000 Vaksin Rabies Untuk Kucing dan Anjing Liar

DPPP Balikpapan Siapkan 3000 Vaksin Rabies Untuk Kucing dan Anjing Liar

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DPPP) Balikpapan menyediakan 5000 vaksin rabies gratis pada tahun ini untuk menghindari penyebaran virus rabies yang disebarkan dari binatang liar anjing, kucing dan kera.

DPPP rencananya akan melakukan vaksinasi di lima pasar tradisional di Balikpapan. Lokasi pasar menjadi tempat yang banyak ditemukan hewan anjing dan kucing liar.

Kepala DP3 Yosmianto mengatakan meski belum ditemukan kasus rabies, namun pemberian vaksin rabies ini untuk mengantisipasi penyebaran penyakit rabies pada hewan berkuku.

Anjing dan kucing merupakan hewan penyebar virus rabies yang berpotensi akan menulari manusia. “Memang sejauh ini belum ditemukan rabies pada hewan, namun dulu saya lupa tahunnya pernah ada satu hewan kucing rabies yang ditemukan. Karena kami selalu antisipasi dengan vaksin,” kata, Jumat, (28/4/2017).

Vaksin akan diberikan secara gratis kepada masyarakat. Namun penyebaran akan diberikan sebanyak 3000 vaksin gratis.

“Yang kami sediakan untuk menyasar lima pasar ada 3.000, sedangkan sisanya nanti kalo ada warga yang datang ke DP3 kami layani apabila minta vaksin. Karena di dinas juga buka klinik pelayanan hewan yang dilayani sesuai jam kerja dan Perda retribusi,” terangnya sembari memperlihatkan jaring hewan yang disiapkan untuk vaksin.

Rencananya pemberian vaksin rabies ke lima pasar tradisional akan dilakukan pada bulan Mei mendatang. DPPP nanti akan melakukan penangkapan dan penyuntikan.

“Nanti kucing ataupun anjing liar yang ada di pasar kita jaring dulu, kemudian disuntik vaksin. Selanjutnya dikasih tanda, kalo hewan itu sudah divaksin,” ujarnya

Sedangkan bagi hewan peliharaa, vasinasi dapat dilakukan warga di klinik hewan.
Dia memastikan ciri-ciri hewan mengalami penyakit rabies yakni berubah ganas, suka menggigit, takut pada cahaya, takut pada air, serta agresif.” Kemudian bila tidak diobati maka lepas dari 2 pekan akan menghilangkan nyawanya,” pungkasnya.

Comments

comments

About

Check Also

Setiap Persimpangan Dua CCTV Dipasang

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan memasang dua CCTV yang memiliki fungsi berbeda di sejumlah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.