Home / IniADV-DPRD Balikpapan / Alokasi Anggaran Renstra Penanganan Banjir Rp 123 Miliar
salah satu titik banjir di Balikpapan

Alokasi Anggaran Renstra Penanganan Banjir Rp 123 Miliar

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Anggaran penanganan banjir yang masuk dalam rencana strategi (renstra) Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Balikpapan mendapatkan alokasi dana mencapai Rp 300 miliar.

“Kan kemarin kebutuhan renstra Rp 300 miliar tahun ini, tapi kita baru kasih Rp 123 miliar untuk di bidang nya ibu Rita (SDA),” ujar Anggota Komisi III DPRD Kota Balikpapan Sukri Wahid.

Menurutnya, karena keterbatasan anggaran daerah sehingga tak semua anggaran yang diusulkan disetujui. Bahkan awalnya, hanya akan dialokasikan sekitar Rp 85 miliar. Namun kemudian dinaikkan menjadi Rp 123 miliar.

“Kan awalnya Rp 85 miliar (yang akan dialokasikan), sedangkan  untuk tahun ini renstra nya Rp 300 miliar, tapi melihat kesanggupan keuangan kita, jadi dari Rp 85 miliar naik ke Rp 123 miliar,” ujarnya.

Karenanya dia bersyukur, jika Pemerintah Pusat akhirnya merealisasikan bantuan untuk penanganan banjir di Kota Balikpapan khususnya untuk normalisasi Sungai Ampal yang anggarannya mencapai Rp 250 miliar hingga Rp 300 miliar.

“Artinya kalau ada tambahan dari APBN Pusat Alhamdulilah. Saya baru dengar (ada bantuan itu), nanti coba kami tindaklanjuti lah,” ujarnya.

Bantuan tersebut, akan meringankan beban anggaran daerah untuk penanganan banjir di Kota Balikpapan karena mencapai 50 persen dari kebutuhan. Karena kebutuhan seluruhnya untuk penanganan banjir mencapai Rp 600 miliar.

“Jika bantuannya Rp 250 miliar hingga  Rp 300 milair ya itu bagus, itu mengcover kebutuhan kita, kan kita kebutuhan Rp 600 miliar total persoalan banjir.. Artinya kalau tercover 300 miliar, 50 persennya dari Pemerintah Pusat, bisa menghemat,” ujarnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Abdul Rahman Pimpin Balai Karantina Pertanian Balikapapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Balai Karantina Pertanian Kelas I Balikpapan menggelar acara pisah sambut pergantian pimpinan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.