Home / iniFLASH / Cegah DBD, Warga Graha Indah Kerja Bhakti Massal
Fonging salah satu upaya mencegah terjadinya kasus DBD

Cegah DBD, Warga Graha Indah Kerja Bhakti Massal

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Berbagai upaya dilakukan warga Kota Balikpapan untuk mencegah berkembangnya jentik nyamuk khususnya aedes aegypti yang menyebabkan demam berdarah dengue (DBD).

Seperti dilakukan RT 25 Kelurahan Balikpapan Utara dengan melakukan kerja bhakti massal dilingkungannya dalam dua minggu sekali. Hal itu dikatakan Ketua RT 25 Kelurahan Graha Indah Shidiq Nur Alam.

 “Kerja bakti massal dilakukan dua minggu sekali bersama warga. Dan lokasi kerja bakti massal juga berpindah-pindah sehingga tidak berada di satu titik saja. Misal pada minggu ini blok F selanjutnya blok Q,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, sasarannya yakni membersihkan sedimentasi, drainase, memotong rumput, membersihkan jalan lingkungan, pemberantasan sarang nyamuk dan Gerakan 3 M (Menguras, Menutup, Mengubur).

“Masing-masing warga membawa peralatan untuk giat itu. Kemudian dilanjutkan dengan rembug kampung. Sejauh ini wargapun aktif dalam melaksanakan kegiatan kerja bakti karena untuk menjaga lingkungan tetap bersih,” ujarnya.

Sementara DInas Kesehatan Kota Balikpapan telah mengeluarkan surat edaran ke masing-masing puskesmas terkait kewaspadaan dini dalam penanganann pasien DBD, karena jumlahnya kian memprihatinkan.

Sepanjang tahun ini kasus DBD di Kota Balikpapan kian mengkhawatirkan. Karena tercatat ada 427 kasus dengan 5 kematian, lebih tinggi disbanding tahun sebelumnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Anggaran Bencana Kaltim Hanya Rp3 Miliar

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim menyebutkan anggaran pada tahun ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.