Home / IniEKONOMI / Ini Tugas Pertama Direksi Perusda Usai Dilantik

Ini Tugas Pertama Direksi Perusda Usai Dilantik


Balikpapan—Jajaran Direksi Perusahaan Daerah Manuntung Sukses Kota Balikpapan Periode 2019- 2024 resmi dilantik oleh Walikota Balikpapan, Rizal Effendi selaku penguasa pemilik modal pada Selasa (02/04/2019) siang.
Pelantikan ini dilaksanakan menyusul telah diputuskannya Direktur Operasional Perusda terpilih, setelah melalui tahapan seleksi dan tes pada Februari 2019.

Untuk posisi Direktur Utama Peruda Balikpapan masih dijabat oleh Purba Wijaya. Sementara posisi Direktur Operasional Perusda Balikpapan dijabat oleh Zainal Abidin.
“Perusda ini menjadi sorotan di masyarakat karena belum maksimal dalam menyumbang Pendapatan Asli Daerah. Sehingga kita rekrut Direktur Operasional untuk meningkatkan kinerja,” ujar Walikota Rizal dalam sambutannya.

Dengan dilantiknya jajaran Direksi Perusda, Rizal berharap kinerja perusda semakin sehat dan bisa menyelesaikan aset-aset pemerintah kota yang belum memiliki legalitas resmi.
Rizal mencontohkan Kawasan Industri Kariangau (KIK), dimana pada kawasan tersebut masih ada 100 hektar lebih lahan pemerintah kota yang belum bersertifikat.

Ia meminta direksi Perusda untuk terus memantau perkembangannya agar lahan tersebut bisa segera dimanfaatkan.
“Mudah-mudahan Badan Pertanahan janjikan sertifikat selesai bulan ini. Mohon dipantau bersama Dinas Pertanahan. Lahan itu akan kita serahkan ke Perusda untuk dikelola bersama pihak ketiga,” ujar Rizal.

Rizal sendiri mengkhawatirkan kinerja Perusda tidak berjalan maksimal meski telah dibantu oleh Direktur Operasional. Kata Rizal seharusnya Perusda juga memiliki Direktur Umum yang mengatur anggaran dan keuangan Perusda. Namun perekrutan tenaga tersebut masih terkendala di anggaran Perusda.
“Harusnya Perusda ini dicover Direktur Umum. Tetapi karena seleksi belum berhasil dan anggaran Perusda juga terbatas, sehingga belum angkat Direktur Umum,” ujarnya menjelaskan.

Untuk memantau kinerja Peruda selama empat tahun kedepan pemerintah kota juga membentuk Dewan Pengawas Perusda. Dua orang Dewan Pengawas Perusda Manuntung Sukses Kota Balikpapan adalah Saiful Bahri yang kesehariannya menjabat sebagai Asisten satu Sekdakot Balikpapan dan Arzaedy Rahman yang keseharian nya sebagai Kepala Bagian Ekonomi Sekaligus Plt Kepala Dinas Perdagangan Sekdakot Balikpapan.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Tambun Naibaho dan Indra Setiawan Teken Kontrak

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Mantan striker PSMS Medan Tambun Naibaho resmi menjadi bagian dari skuat Persiba …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.