Home / IniEKONOMI / Ketua DPRD : Investor Belanda Tertarik Kelola Sampah
Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh berharap pengusaha lokal berbagi gagasan. Foto: ist

Ketua DPRD : Investor Belanda Tertarik Kelola Sampah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Penyandang modal (investor) asal Belanda disebut tertarik mengelola sampah menjadi tenaga listrik. Kabar ini disampaikan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Balikpapan, Abdulloh, di sela pertemuan dengan Forum Pengusaha Balikpapan.

“Saya baru saja menerima salah satu delegasiinvestor dari Belanda yang tertarik mengelola sampah menjadi energi listrik,” kata Abdulloh. Dalam pertemuan itu disinggung soal produksi sampah Balikpapan yang memenuhi kualifikasi untuk sumber pembangkit listrik.

Menurut data yang disampaikan Abdulloh, tempat pembuangan akhir (TPA) Manggar sebesar 400 ton sehari, sudah cukup untuk menghasilkan tenaga listrik. Investor selanjutnya akan menjual listrik produksinya ke PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero.

“Produksi sampah sebesar 400 ton sehari itu diperkirakan cukup untuk menghasilkan listrik dengan kapasitas sekitar 50 MW. Selanjutnya investor menjual ke PLN,” kata dia. Dari pembicaraan awal, harga produksi sekitar Rp 1300 per kva.

Sampah yang mengandung gas metan dapat diubah menjadi energi listrik. Beberapa tahub lalu, investor dari berbagai negara, salah satunta Jepang, tertarik berinvestasi. Belakangan rencana itu tak jelas.

Abdulloh berharap para pengusaha di Balikpapan dapat terlibat dalam proyek ini. “Pengusaha lokal harus kreatif. Sampaikan ide pembangunan, agar tak kalah dengan investor asing,” harapnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About y setiyono

Check Also

Polres Balikpapan Ungkap Kasus Curanmor Terbesar Tahun Ini

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Jajaran Satuan Reskrim Polres Balikpapan mengungkap kasus pencurian sepeda motor (curanmor) terbesar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.