Home / IniEKONOMI / Jelang Idul Fitri, Pertamina Pastikan BBM dan LPG di Kalimantan Aman
GM MOR VI Pertamina Kalimantan Mochammad Irfan (tengah) didamping Manager Komonikasi Pertamina Kalimantan Dian Hapasari (kiri) mengenai kesiapan BBM dan LPG pada lebaran 2016 ini

Jelang Idul Fitri, Pertamina Pastikan BBM dan LPG di Kalimantan Aman

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Jelang hari raya Idul Fitri, PT Pertamina (Persero) pastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan LPG selama Ramadan dan Idul Fitri 1437 Hijriah aman. Kepastian pasokan aman ini ditunjang dengan dibentuknya satuan tugas (Satgas) oleh Pertamina selama satu bulan.

Menurut General Manager Marketing Operation Region (MOR) VI PT Pertamina Kalimantan Moch Irfan, satgas dibentuk untuk memantau pasokan BBM dan LPG selama Ramadan dan hari raya Idul Fitri.

“Kebutuhan untuk Premium biasanya akan naik sekitar 6% pada H-1, dan akan kembali normal pada H+1 lebaran. Itu pengalaman dari tahun sebelumnya,” terangnya saat konfrensi pers pasokan BBM di Kantor MOR VI di Balikpapan.

Irfan menjelaskan dengan adanya peningkatan konsumsi premium maka otomatis pasokan akan ditambah dari hari normal. Untuk mengantisipasi peningkatan permintaan akan ditambah sekitar 40% dari normal di wilayah Kalimantan.

Kondisi tersebut berbeda dengan permintaan solar yang justru mengalami penurunan jelang hari raya, mengingat masa libur telah berlangsung.

“Konsumsi solar saat jelang lebaran menurun sekitar 7% pada H-6. Kebutuhan akan kembali normal pada H+1 setelah Idul Fitri,” katanya didampingi Area Manager Communication & Relation Kalimantan Dian Hapsari, Rabu (22/6).

Sementara itu, untuk LPG diperkirakan juga akan meningkat dari hari normal yang diperkirakan akan naik sebesar 5,6%.

“Kebiasaan pemakai LPG dari tahun ke tahun ada kenaikan pada saat jelang puasa, dan meningkat seminggu sebelum lebaran,” tutup Irfan

Comments

comments

About andi amir

Check Also

Sepanjang Bulan Ini, Polresta Balikpapan Ungkap 18 Kasus Narkoba

BALIKPAPAN, Inibalikpapan –  Polresta Balikpapan kembali mengamankan 6 bandar sabu beserta barang bukti sabu seberat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.