Home / iniFLASH / Kaltim Kekurangan Ratusan Tenaga Penyuluh Pertanian
Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim H. Ibrahim (pemprov.go.id)

Kaltim Kekurangan Ratusan Tenaga Penyuluh Pertanian

SAMARINDA, Inibalikpapan.com – Kaltim hingga kini masih kekurangan ratusan tenaga penyuluh pertanian. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH) Kaltim H Ibrahim.

Pasalnya, jumlah penyuluh pertanian dengan jumlah desa di Kaltim tidak berimbang. Jumlah tenaga penyuluh swadaya yang tercatat dan terdaftar kurang lebih 638 orang. Sedangkan jumlah desa di Kaltim 1.020. 

 “Tenaga penyuluh kita masih kurang,” ujar Ibrahim seperti yang dilansir kaltimprov.go.id

Dia mengakui, akibat kekurangan tenaga penyuluh pertanian, sehingga ada satu kecamatan satu penyuluh yang membawahi beberapa desa, dari target satu desa satu penyuluh.

Dia berharap, Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Kabupaten dan Kota merekrut tenaga penyuluh pertanian. Karena tenaga penyuluh pertanian sebagai ujung tombak dalam mewujudkan percepatan swasembada pangan

“Kita berharap pemerintah pusat maupun daerah dapat merekrut tenaga penyuluh. Melalui pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K),” ujarnya.

Dia mengungkapkan, keberadaan tenaga penyuluh sangat penting karena memiliki tiga fungsi yaitu sebagai fasilitator, mediator dan fungsi sebagai pemberdayaan para petani dalam upaya mendukung ketahananan pangan.

“Kita harapkan Kementerian Pertanian bisa membantu pengadaan tenaga P3K untuk penyuluh, sehingga pelaksanaan program pertanian bisa lebih maksimal. Saat ini jumlah tenaga penyuluh 80 persen sudah terpenuhi,” ujarnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Balikpapan Kampanye dan Deklarasi Tidak Menggunakan Produk dan Kemasan Plastik

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com- Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 Pemerintah Kota Balikpapan menggelar Kampanye sekaligus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.