Home / iniFLASH / Kaltim Waspada, 300 Hektar Hutan dan Lahan Terbakar, 301 Titik Panas Terpantau
Kebakaran hutan yang terjadi tahun 2017. (foto : bijaks.net)

Kaltim Waspada, 300 Hektar Hutan dan Lahan Terbakar, 301 Titik Panas Terpantau

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kaltim kini waspada bahaya kebakaran hutan dan lahan (kahutla). Hal itu disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Frederik.

Menurutnya, berdasarkan rapat kordinasi BMKG menyebutkan, Kaltim nomor dua ancaman bahaya kahutla setelah Riau. Hal itu karena potensi meningkatnya suhu panas mencapai 42 derajat Celsius.

“Dari presentase BMKG itu kita urutan kedua setelah Riau tentang ancaman Kahutla. Kaget kita presentase dari BMKG, itu puncaknya diperkirakan sampai 21 Maret 2019,” ujarnya.

Bahkan kata dia, saat ini sudah sekitar 300 hektar kahutla yang terjadi di kota dan kabupaten di Kaltim dengan titik panas atau hotspot 300-an, bahkan lebih yang terpantau oleh satelit.

Meskipun begitu, Pemerintah Provinsi Kaltim belum menetapkan status siaga kahutla seperti di Riau. Karena pihaknya, masih menunggu ada dua kabupaten atau kota yang menetapkan siaga darurat.

“Kaltim belum menetapkan karena kita mengharapkan bupati dan wali kota itu paling aja ada dua (daerah) menetapkan siaga darurat, meskipun gubernur sudah menyurati bahaya kahutla,” ujarnya

Dia menambahkan, untuk mengantisipasi terjadinya kahutla yang meluas, Pemerintah Provinsi Kaltim bersama TNI, Polri dan kabupaten kota telah menggelar rapat antisipasi.

“Kemarin dulu kita suah rakor, itu tindaklanjt dari beberapa rakor-rakor, kemudian terakhir itu rapim TNI-Polri soal tekhnisnya, juga BPBD kabupaten kota. Dandim dan Kapolres sudah standby, sudah antisipasi bersama BPBD,” ujarnya

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Gawang Persiba Dibobol Tiga Gol Pemain Bontang FC

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com  – Persiba Balikpapan menggulung Bontang FC 8-3 dalam laga persahabatan di stadion Batakan, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.