Home / iniFLASH / Luas Tanam Padi di Kaltim Belum Capai Target
Petani menanam padi

Luas Tanam Padi di Kaltim Belum Capai Target

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Upaya Pemerintah Provinsi mendukung swasembada pangan nasional, nampaknya sulit terwujud. Pasalnya, hingga kini belum sesuai target yang dicanangkan.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Kalimantan Timur Kaltim H Ibrahim mengatakan, hingga Juli tahun ini baru merealisasikan luasan tanam padi sekitar 20.980 hektar dari target 45.700 hektar.

Menurutnya, hal itu karena ada beberapa daerah yang masih menghadapi kendala untuk melakukan penanaman, utamanya terkait masalah cuaca yang tidak menentu.

Kendati demikian lanjutnya, saat ini beberapa daerah yang merupakan sentra pertanian di Kalimantan Timur sudah mulai melakukan penanaman diantaranya Kabupaten Berau, Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara dan Paser

“Harapan kita hingga akhir musim tanam nantinya luas tanam dapat tercapai sesuai yang ditargetkan ditandai dengan jumlah produksi padi tinggi,” harap Ibrahim.

Dia menambahkan tahun ini ada dua musim tanam yakni Oktober 2015 hingga Maret 2016 dan April-September 2016.

Untuk musim tanam pertama (Oktober-Maret) Kabupaten Berau dinyatakan sebagai kabupaten  yang telah menghasilkan produksi padi cukup besar serta mendapat penghargaan (hadiah alat mesin pertanian) berupa handtractor seitar 20 unit.

Comments

comments

About glen

Check Also

Bappenas Targetkan Draft RUU IKN Selesai Akhir Desember

BALIKPAPAN,  Inibalikpapan.com — Pemerintah pusat pada akhir bulan ini akan menyelesaikan draft RUU Ibu kota …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.