Home / iniFLASH / Mobil Listrik Lanjutkan Perjalanan Explore Indonesia Menuju Sulawesi
General Manager PLN Unit Induk Wilayah Kaltim dan Kaltara (Kaltimra) Djoko Dwijatno, melepas mobil listrik melanjutkan perjalanan dalamn misi explore menuju Sulawesi, Rabu (27/02).

Mobil Listrik Lanjutkan Perjalanan Explore Indonesia Menuju Sulawesi

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – General Manager PLN Unit Induk Wilayah Kaltim dan Kaltara (Kaltimra) Djoko Dwijatno, melepas mobil listrik hasil karya empat anak bangsa yang didukung PLN dan Institit Tekhnologi Surabaya (ITS), melanjutkan perjalanan dalamn misi explore menuju Sulawesi, Rabu (27/02).

Sebelumnya mobil yang dinamai Kasuari itu, tiba di Kota Balikpapan pada Sabtu (23/02). Setelah sebelumnya dari Surabaya dan telah menjelajah Pulau Jawa dan Sumatera hingga akhirnya tiba di Pulau Kalimantan.

“Melalui kegiatan ini kita bisa lihat bahwa mobil listrik juga memiliki ketangguhan yang cukup baik dalam menaklukan medan perjalanan yang tidak sederhana,” ujar Djoko.

“Terbukti, mobil ini sudah berhasil melakukan perjalanan dimulai dari Surabaya, mengelilingi Pulau Jawa, Sumatra, hingga akhirnya tiba di Kalimantan”,

Dia mengungkapkan, kegiatan tersebut juga merupakan bentuk support PLN terhadap produk –produk yang ramah lingkungan, termasuk kendaraan listrik, kompor listrik dan sejenisnya yang tidak menghasilkan emisi gas buang karbon monoksida.

“Rombongan mobil listrik ini juga singgah pada beberapa titik saluran pengisian listrik umum (SPLU) yang telah kami sediakan di Kuaro, Petung dan Pasar Segar Balikpapan untuk mengisi daya,” ujarnya.

Agus Muchlisin, Ketua Rombongan PLN – ITS Explore Indonesia menuturkan kegiatan tersebut, juga bertujuan untuk menguji ketahanan komponen kendaraan, baik ketangguhannya maupun kekuatan daya jelajahnya sehingga siap untuk diproduksi masal.

Selama lima hari di Kota Balikpapan mobil Kasuari telah dipamerkan kepada masyarakat melalui kegiatan car free day, pada Minggu (24/02) lalu.

Bersamaan dengan itu, PLN juga menggelar kegiatan PLN Mengajar, dan Talkshow tentang Electrifying Lifestyle dengan audiens para akademika dan murid SMK di Balikpapan.

Tak hanya itu, PLN Kaltimra juga berkolaborasi dengan Enggang, mobil listrik karya Institut Teknologi Kalimantan (ITK), dalam setiap kegiatan mobil Kasuari di Balikpapan.

Mobil tersebut, 100% berbahan bakar listrik, memiliki kapasitas baterai dengan daya 30 kWh. Dengan baterai yang terisi penuh, mobil mampu melaju hingga 150 km dengan kecepatan maksimal 140 km/ jam.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

SKK Migas – KKKS Wilayah Kaltim Bantu Korban Banjir Samarinda

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Bencana banjir yang melanda Samarinda ibukota Kalimantan Timur mengundang banyak simpati berbagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.