Home / iniFLASH / Pemerintah Pusat Tanam 1000 Pohon di Waduk Tritip
Waduk Tritip saat dikunjungi Presiden Jokowi. 2018 nanti waduk ini jadi suplai air bersih utama bagi masyarakat Balikpapan Timur

Pemerintah Pusat Tanam 1000 Pohon di Waduk Tritip

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Lingkungan Hidup, bersama Pemerintah Kota Balikpapan akan melakukan penghijauan dikawasan Waduk Tritip. Rencananya ada 1000 bibit pohon yang akan ditanam

“Penanaman ada 1000 pohon di waduk Tritip pada Rabu lalu. Kalau nggak salah mereka ada program 4000 pohon di Kaltim termasuk Kutai Kartanegera dan Balikpapan,” kata Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud.

Penanaman pohon di waduk Tritip, Balikpapan Timur, merupakan bagian dari program Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA) yang dicanangkan oleh delapan Kementerian. Sasaran revitalisasi GN-KPA meliputi 108 Daerah Aliran Sungai (das), 15 danau dan 29 bendungan prioritas.

Delapan Kementerian yakni Kementerian PUPR, Kementerian Dalam Negeri oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Bappenas, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pertanian, Kementerian BUMN, Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

“Ya itu program Kementerian Lingkungan Hidup dan PU. Kita kemarin melakukan penanaman di waduk untuk penghijauan kan pembangunan fisiknya sudah selesai tinggal proses pembebasan lahan yang tersisa,” katanya.

Terkait pembebasan lahan yang hingga kini belum tuntas karena ada dualisme kepemilikan, Pemerintah Kota Balikpapan telah menyiapkan n mekanisme pembayaran ganti rugi melalui pengadilan. Dananya sudah dialokasikan dalam APBD 2016.

“Anggaran sudah ada di 2016 kan sudah dianggarkan pembebasan lahan. Setahu saya yang kemarin ada masalah itu sudah dibebaskan dan dibayarkan dan dana sudah tinggal yang bermasalah kita titipkan di pengadilan,” katanya.

“Karena inikan unutk kepentingan umum ya sudah nggak usahdipersulitlah dan ini juga untuk kepentingan warga ya minta toleransinya sedikit. Ada beberapa yang mengakuikan akhirnya diserahkan kepangadilan dan dititipkan ke pengadilan, proses hukum biar mereka. Mudah-mudahan permasalah ini bisa selesai.”

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Penyidik Tipikor Bawa Empat Box Dari Kantor DPRD Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Penyidik dari Tindak Pidana Korupsi Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kaltim membawa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *