Home / iniFLASH / Pemilih Pemula Rentan Golput, KPU Balikpapan Sosialisasi ke Sekolah
Sosialisasi KPU Balikpapan

Pemilih Pemula Rentan Golput, KPU Balikpapan Sosialisasi ke Sekolah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Demi meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada pemilihan wali kota (pilwakot) 2020, KPU Kota Balikpapan akan menggelar sosialisasi  ke puluhan SMA maupun SMK. Demikian disampaikan Komisioner KPU Kota Balikpapan Syahrul Karim.

Pasalnya, berdasarkan data KPU Kota Balikpapan jumlah pemilih pemula pada pemilihan presiden dan legislative mencapai puluhan ribu jiwa. Pemilih pemula menjadi sasaran KPU karena sangat rentan golput maupun terlibat politik uang.

“Jadi sekitar 20 SMA maupun SMK kita datangi secara bergiliran untuk melakukan sosialisasi, harapannya mereka) dapat berpartisipasi menyalurkan hak pilihnya pada Pilkada 2020 mendatang,” ujarnya.

Menurutnya, pihaknya telah membuat jadwal untuk melakukan sosialisasi ke SMA maupun SMK khususnya pada upacara sekolah. Masing-masing komisioner akan secara bergantian melakukan sosialisasi tentang tahapan pilwakot ke sekolah-sekolah,.

“Kalau data penduduk Kota Balikpapan, sekitar 25 ribu siswa SMA dan SMK yang saat ini duduk di kelas 3 dan memiliki hak untuk memilih, karena sudah  cukup umur pada pilwakot 2020,” ujarnya

“Kita ingin memberikan pemahaman kepada pemilih pemula soal tahapan pilkada, sehingga harapannya mereka bisa mempergunakan hak nya untuk memilih pada pilwakot 2020,”

Kata dia, dalam kesempatan tersebut, para siswa juga diberikan pemahaman  tentang demokrasi, termasuk tidak mudah percaya dengan hoax khususnya di media sosial yang selalu marak saat pemilu. Berdasarkan pengalaman sebelumnya. “Jadi harapannya proses demokrasi saar ini dapat berjalan dengan baik. Dalam kegiatan ini kami memberikan klarifikasi apabila ada isu atau informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

DPRD Berau Kunjungi DPRD Balikpapan

BALIKPAPAN,  Inibalikpapan.com —Sembilan anggota DPRD Berau melakukan kunjungan kerja ke DPRD Balikpapan,  Kamis pagi (5/12/2019). …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.