Home / iniFLASH / Pemkot Balikpapan Tertarik Kelola Kepulauan Balabalagan Jadi Destinasi Wisata Baru
Kepulauan Balabalagan

Pemkot Balikpapan Tertarik Kelola Kepulauan Balabalagan Jadi Destinasi Wisata Baru

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan rupanya ingin menjadikan Kepulauan Balabalagan menjadi destinasi wisata baru.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Balikpapan Oemy Facessly. Hanya saja keinginan itu terganjal karena Kepulauan Balabalagan masuk wilayah adiministrasi Sulawesi Selatan.

Kepulauan Balabalakan merupakanh kepulauan di Selat Makassar di lepas pantai timur Kalimantan, di tengah-tengah antara Kalimantan dan Sulawesi.

“Kita coba lihat dulu peluang kerjasamanya karena kepulauan itu masuk dalam Provinsi Sulawesi Barat meski jaraknya lebih dekat dari Balikpapan melalui jalur pelayaran yakni hanya memakan waktu paling cepat 3 jam,” ujar Oemy.

Menurutnya, potensi Kepulauan Balabalagan menjadi wisata bahari tentu sangat menjanjikan. Oemy bahkan optimis jika dikelola dengan baik, banyak turis mancanegara maupun domestic yang tertarik datang.

“Makanya kami membuka peluang itu untuk bisa menarik turis domestik maupun mancanegara,” ujarnya.

Saat ini memang Pantai Manggar memang masih menjadii destinasi wisata favorite, khususnya saat hari raya. Karena jumlah pengunjung mencari 5 ribu.

“Kunjungan itu nggak cuma di pantai Manggar tapi juga ke destinasi lainnya seperti ke Kebun Raya Balikpapan, Makam Prajurit Jepang di Lamaru, Tugu Anzac Day Australia di Lapangan Merdeka dan berbagai destinasi lainnya,” ujarnya.

“Beda lagi kalau saat hari raya Idulfitri yang durasi hari liburnya cukup panjang, jadi bisa sampai 5 ribu turis hanya dalam satu hari saja,”

Disporapar pun menambah berbagai fasilitas Pantai Manggar berupa penambahan taman dan kawasan pusat jajanan serba ada atau pujasera.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Wawali Berbagi Pengalaman dengan Mahasiswa Baru STT Migas

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud yang memiliki background pengusaha dibidang Transportasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *