Home / IniEKONOMI / Perlambatan Ekonomi Tahun Ini Tertahan Kinerja Kontruksi

Perlambatan Ekonomi Tahun Ini Tertahan Kinerja Kontruksi

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan memperkirakan pertumbuhan ekonomi tahun 2019 berkisar 4,2 – 4,7 persen. Hal itu disampaikan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Bimo Epyanto dalam sambutannya Pertemuan Tahunan Ekonomi Daerah tahun 2019, Jumat (6/12/2019).

Menurutnya, perlambatan ekonomi Balikpapan tahun ini karena dipengaruhi oleh melambatnya sektor industri pengolahan. Namun demikian, perlambatan lebih dalam tertahan oleh kinerja konstrukai yang diperkirakan melonjak melalui realisasi proyek strategis nasional dan peningkatan aktivitas perdagangan dan transportasi seiring membaiknya sektor pertambangan Kalimantan Timur.

“Peningkatan dari investasi juga mengerek pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Namun demikian , pada tahun 2020 nanti ekonomi Kota Balikpapan diperkirakan tumbuh sebesar 5,5 sampai 6.0 persen.

Sementara itu, Kabupaten PPU dan Paser, pertumbuhan ekonomi tahun 2019 diperkirakan akan tumbuh tinggi masing-masing dalam kisaran 3 persen dan 5,5 persen didukung oleh peningkatan kinerja sektor tambang.

Untuk diketahui, Pemerintah mengharapkan dapat mempertahankan momentum pertumbuhan ekonomi Indonesia, yang diperkirakan berada di sekitar 5,1 persen (yoy) pada 2019 dan meningkat dalam kisaran 5,1 – 5,5 persen (yoy) pada tahun 2020.

Comments

comments

About rahma danty

Check Also

Wawali Balikpapan Ucapkan Selamat Tahun Baru Imlek

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menguncapkan Selamat Tahun Baru Imlek bagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.