Home / IniEKONOMI / Progres Kilang Minyak Balikpapan Capai 11,62 Persen, Pertengahan 2023 Beroperasi
Deputi bidang Pengelolaan Energi, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Kemenko Perekoniomian Monty Girianna, (kiri nomor 2)

Progres Kilang Minyak Balikpapan Capai 11,62 Persen, Pertengahan 2023 Beroperasi

BALIKPAPAN , Inibalikpapan – Proyek pengembangan dan perluasan kilang minyak Balikpapan hingga kini telah mencapai 11,62 persen. Ditargetkan, pertengahan 2023 proyek tersebut, sudah rampung dan mulai beroperasi pada pertengahan 2023.

Hal itu disampaikan Deputy Bidang Koordinasi Pengelolaan Energi, Sumbert Daya Alam dan Lingkungan Hidup Kementerian Koodinator Bidang Perekonomian Monty Giriana saat meninjau progres proyek bernilai triliun tersebut, Selasa (21/01).

“Kalau kita lihat progress pekerjaan yang sangat vital buat kita yaitu pengembangan kilang Balikpapan dan kita melihat progresnya sudah 11,62 persen, sudah jalan, cukup lumayan,” ujarnya.

“Mungkin tantangan kita bagaimana mempercepat pekerjaan itu,karena ingin mau menyelesaikan sebelum 2023 pertengahan kilang sudah berjalan  dengan kapasitas yang jauh lebih besar, kuliatas produk yang jauh lebih bagus,”

Dia optimis, proyek yang akan meningkatkan kapasitas kilang itu, tidak akan melewati  dari target yang ditetapkan, karena masih on schdule. Selama tentu tak terganggu peraturan di daerah maupun pusat termasuk menyangkut lahan.

  “Iya masih on track sesuai schedule, tapi memang perlu ada upaya percepatan, tapi dari segi schedule on track. Mempercepat, Intinya membereskan masalah peraturan, regulasi, masalah lahan dan sebagainya,” ujarnya

“Dan untuk Balikpapan kita bilang lahan sudah ada, infrastruktur sudah ada, cuma yang harus diselesaikan memperbaiki eksisting infrastruktur, kemudian untuk menyiapkan unit-unit yang baru,”

Kata dia, keberadaan kilang minyak juga akan sangat berdampak pada perekonomian Kalimantan, bukan hanya Kaltim. Seperti saat proyek masih dikerjakan, membutuhkan ribuan tenaga kerja. Termasuk juga membutuhkan material yang cukup banyak.

“Kontribusi pertumbuhan untuk ekonomi di Kaltim, kenapa dibangun kilang , selain dari makro ya, tapi juga pertumbuhan daeah  di Kalimantan dan sebagainya,” ujarnya

“Yang namanya piling (tiang pancang)  sudah ribuan sudah disitu, memang tidak keliatan karena yang kita siapkan sekarang ini adalah setahun ini adalah menyiapkan pondasi, menyiapkan land  clearing.”

Comments

comments

About glen

Check Also

Penutupan Jalan Memang Diperketat Agar Efektif

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan memang perketat penutupan jalan utama maupun persimpangan. Langkah itu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.