Home / IniEkonomi / Puncak Peringatan K3, Pertamina MOR VI Gelar Aspek Ketangkasan K3 Bagi Karyawan
GM MOR VI Made Adi Putera saat mencoba senjata angin membidik sasaran pada lomba ketangkasan aspek K3 di kantor MOR VI Jalan Minyak, Balikpapan (9/2/2018)

Puncak Peringatan K3, Pertamina MOR VI Gelar Aspek Ketangkasan K3 Bagi Karyawan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Menyemarakan Peringatan Bulan K3 Nasional, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan menggelar lomba ketangkasan aspek K3 di kantor MOR VI jalan Yos Sudarso (9/2/2018).

Pelaksaan K3 ini dilaksanakan di kantor-kantor Pertamina di Kalimantan secara serentak dalam rangkaian bulan K3.
“Ini tiap tahun ya dimana tahun 2018 kita menjadikan HSE sebagai beyond culture.kegaitan bukan disini tapi diseluruh kantor unit kita,” jelas General Manager Pertamina MOR VI Made Adi Putra di sela-sela kegiatan ketangkasan K3 (9/2/2018).

Menurutnya kegiatan ini bagian dari rnagkai bulan K3 yang sudah dilaksanakan seperti antaranya penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan, pelatihan safety riding, pelatihan penanggulan keadaan darurat dan berbagai lomba yang berkaitan dengan aspek K3.

“Kayak kemarin kita lakukan semintar sosialisasi mengenai sector penyakit dari Kementerian Kesehatan yakni bagaiman pekerja Pertamina itu fit work bukan hanya sehat pekerja tapi lingkungan kerja harus sehat dan bersih,” jelasnya.

Lebih lanjut Made menjelaskan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan selama ini memang menyasar isu-isu atau perilaku sehari-hari yang dekat dengan Pekerja Pertamina. Sebagai contoh pada awal Februari ini, Pertamina menggelar seminar dan vaksinasi difteri serta seminar awareness penggunaan sabuk keselamatan guna menjamin kemanan berkendara.

“Penggunaan safety belt adalah hal yang cukup sederhana. Tapi justru kita sering lupa padahal efek nya sangat buruk apabila terjadi kecelakaan. Sekarang semua kendaraan yang keluar masuk Pertamina MOR VI akan dicek penggunaan safety belt nya”, imbuh Made.

Kegiatan K3 bukan hanya berhenti setelah digelarnya program internalisasi aspek K3 tapi juga menjadi bagian yang dilaksanakan setiap saat yakni melaksanakan golden rule HSE/K3 bagi seluruh karyawan maupun vendor.
“Selama 2017 ini tidak ada fatality, tidak ada insiden hanya masuk kategori diinput saja seperti mobil tangki ditabrak,” ujarnya.

Pada puncak Peringatan Bulan K3 2018 ini, Pertamina MOR VI mengangkat tema “Jadikan HSSE sebagai beyond culture”. Tema ini dipilih guna menyadarkan seluruh insan Pertamina bahwa aspek kesehatan dan keselamatan kerja bukanlah hal yang dilaksanakan hanya apabila ada pengawasan, melainkan menjadi hal yang selayaknya terpatri di diri setiap pekerja.

Pada kegiatan lomba-lomba aspek ketangkasan K3 ini, karayawan dari masing-masing mewakili divisi mengikuti cara pemadaman api ringan menggunakan kain basah, teknik melipat selang pemadam kebakaran, teknik menghadapi keadaan darurat hingga menyusun puzzle untuk menguji ketenangan peserta dalam menyelesaikan masalah.

Selain menyelenggarakan lomba, pada momen tersebut Pertamina juga meluncurkan slogan HSSE Pertamina MOR VI yakni “HSSE BOSKYU” yang merupakan singkatan dari Bekerja Cerdas, Operasional Lancar, Sarfas Handal dan Keselamatan Yang Utama.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Volume Muatan Ekspor Terminal Peti Kemas Karingau Mencapai 70 Kontainer Setiap Minggu

BALIKPAPAN , Inibalikpapan.com – PT Kaltim Kariangau Terminal (KKT) optimis pertumbuhan ekpor melalui Terminal Peti …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *