Home / iniFLASH / Tabung Gas Elpiji Meledak, Tiga Orang Mengalami Luka-luka

Tabung Gas Elpiji Meledak, Tiga Orang Mengalami Luka-luka

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Tiga orang mengalami luka-luka dan sebagian rumah rusak akibat tabung elpiji 3 kg meledak dirumah salah satu warga di RT. 12 Nomor 35 Kelurahan Karang Rejo, Kecamatan Balikpapan Tengah, Selasa (29/01) sekitar pukul 06.20 WITA.

Data BPBD Balikpapan menyebutkan, tiga orang yang menjadi korban yakni,  Sulasmi (50) yang mengalami patah tangan kirinya. Dira Defitriani (6) mengalami luka dibagian kepala.

Sedangkan Henny Tanjungsari  (31) mengalami luka bakar di kepala, sebagian muka, tangan dan kaki dengan luka bakar 25 persen. Demikian disampaikan Petugas BPBD Kota Balikpapan Usman.

“Korban luka bakar di bawa ke  RSKD Balikpapan dan dua dibawa ke Restu Ibu,” ujarnya.

Kepada petugas, Henny yang merupakan pemilik rumah mengungkapkan, sebelum kejadian sebenarnya sudah mencium bau gas bocor di dapur namun korban lupa membuka pintu dapur.

“Korban bukan membuka pintu dapur agar gas yang terperangkap keluar tapi malah mengganti sil  karet tabung gas dan memasang ke kompor untuk dinyalakan sehingga terjadi ledakan,” cerita Heny kepada Usman petugas BPBD.

Sementara, Suparno yang merupakan tetangga Henny juga membenarkan ledakan tersebut akibat bocornya tabung elpiji 3 kg. Suparno pula yang menolong tiga korban akibat ledakan elpiji itu.

“Pagi saya lagi dirumah dengar ledakan saya keluar. Cek rumah  sebelahnya ternyata ada ledakan tabung. Saya tolong dulu orangnya saya keluarkan letakan diluar langsung cari mobil suruh suami antar ke rumah sakit,” ujarnya.

Sementara Petugas Jaringan Gas Rumah Tangga Kementerian ESDM langsung mengecek terkait ledakan gas elpiji tersebut. Mengingat diiwlayah itu juga ada Jaringan Gas Rumah Tangga.

Namun Petugas itu menyatakan, ledakan itu bukan disebabkan karena Jaringan Gas Rumah Tangga karena belum berfungsi. Sehingga warga sekitar masih menggunakan gas elpiji 3 kg miliknya.

“Yang meledak dibagian bawah kan disitu dapur dan gas 3 kg memang ada yang bocor gas 3 kg itu. Kalau yang jaringan gas itu dibagian atas nggak begitu rusak,” ujar Kordinator Pengelola Jaringan Gas Rumah Tangga Darwin.

“Posisi jalur jargas kami aman-aman saja. Kami pastikan 100 persen bukan dari jargas,”

Dia mengungkapkan, pihaknya memiliki mekanisme pengamanan jaringan gas jika terjadi kebocoran seperti safety valve  baik di sekitar meteran maupun jaringan pipa gas.

“Kemudian apinya kalau bocor seperti api lilin. pernah juga ada cas  itu warga saat masak api lompat ke selang dan terbakar selang tapi apinya nggak kemana-mana  ya antisipasi warga keluar tutup valve mati apinya,” ujarnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Pertamina RU V Gelar Turnamen Catur se-Kalimantan Timur

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Ratusan pecinta catur di Balikpapan dan Kaltim ambil bagian dalam Turnamen Catur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.