Home / iniFLASH / Wali Kota akan Terbitkan Surat Edaran Terkait Sosialisasi dan Ujicoba Perubahan Jam Buang Sampah
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan Suryanto

Wali Kota akan Terbitkan Surat Edaran Terkait Sosialisasi dan Ujicoba Perubahan Jam Buang Sampah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan akan menggelar sosialisasi dan ujicoba jam buang sampah dari yang sebelumnya pukul 18.00 hingga pukul 06.00 wita menjadi pukul 18.00 hingga pukul 00.00 wita.

Sosialisasi dan ujicoba tersebut, mendahului sebelum disahkannya Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan Suryanto. Karena rencananya perda tersebut, akan direvisi mengingat waktu buang sampah diatur dalam perda tersebut.

“Nanti kalau Perda sudah ada tinggal pengukuhan saja. Uji coba ini akan segera dirapatkan, apakah mungkin jika sosialisasi dilakukan sekarang. Jadi di atas jam dua belas masyarakat tidak boleh lagi buang sampah,” ujar Suryanto.

Sementara terkait pelaku usaha kuliner yang meminta kebijakkan khusus yakni hingga pukul 02.00 wita atau satu jam lebih lama dari masyarakat umum, Pemerintah Kota pun mempertimbangkannya.

“Sudah diajukan ke prolegda, batasannya kecuali kuliner yaitu pukul 02.00 Wita. Yang jelas, kmau menginginkan pada pagi hari TPS sudah bersih. Tidak ada sampah, maupun pengangkutan sampah,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, rencananya Wali Kota akan mengeluarkan surat edaran terkait spsialisasi dan ujicoba perubahan jam buang sampah tahun ini. Karena jika harus menunggu revisi perda

“Kalau jika harus menunggu perda direvisi mungkin baru tahun depan terlaksana,” ujarnya.

Dia menambahkan, selama ini masyarakat dalam membuang sampah tidak tertib atau tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan. Karena masih banyak masyarakat yang buang sampah saat turun kerja.

“Malah bikin berantakan, mending kalau masuk ke tempat sampahnya. Mlaah sering tidak pas. Yang jelas apabila dibatasi sampai jam 00.00 Wita malam, maka petugas bisa langsung mengangkut sampai subuh. dengan begitu saat pagi dan siang hari tidak ada lagi yang mengangkut sampah,” ujarnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Anggaran Bencana Kaltim Hanya Rp3 Miliar

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim menyebutkan anggaran pada tahun ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.