Home / iniFLASH / Wali Kota Buka Liga Sepakbola Siswa Indonesia

Wali Kota Buka Liga Sepakbola Siswa Indonesia

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Wali Kota Rizal Effendi resmi membuka perhelatan Liga Sepakbola Siswa Indonesia (GSI) tingkat SMP se-Balikpapan di stadion Batakan, Jumat sore (1/2).

Sebanyak 33 sekolah turut ambil bagian dan laga pembuka langsung mempertemukan SMPN 14 dengan SMPN 10 dengan skor 8-0 untuk SMP 14. Even ini juga dihadiri Wakil Wali Kota, muspida, Ketua Panitia Hut Kota 2019 dan ratusan siswa SMP se-Balikpapan.

Rizal Effendi mengatakan Liga siswa ini mengawali rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Balikpapan.

Dia berharap turnamen ini bisa menghasilkan pemain berkualitas di masa mendatang. Setidaknya lahir pemain bagi Persiba ataupun Kaltim. Termasuk membela timnas Indonesia. “Gala siswa ini mudah-mudahan lahir pemain bola terbaik untuk Persiba, Kaltim mungkin juga tingkat nasional membela merah putih,” harapnya saat membuka Liga Sepak bola tingkat SMP ini.

Wali kota meminta pemain dapat bermain sportif selama pertandingan.

Kepala Dinas Pendidikan, Muhaimin selaku panitia mengatakan kegiatan ini menjadi tolak ukur bagi siswa menguji kemampuan dalam bermain sepakbola.

“Ini juga menjadi rangkaian pertama di perayaan HUT 121 Balikpapan. Semoga kegiatan ini bisa memberikan hal positif bagi pelajar. Terutama menangkal kenakalan remaja,” katanya.

Kegiatan ini juga menambah jam terbang bagi pelajar apalagi saat ini level di tingkat SMA sudah tidak ada lagi dalam beberapa tahun terakhir. Termasuk kurun beberapa tahun AMPI Cup tidak lagi tersaji. Termasuk Liga Pelajar Indonesia (LPI) ataupun perhelatan di tingkat SMA

Namun PSSI sudah mulai melakukan turnamen di kelompok umur baik tingkat SMP maupun SMA.

“Memang AMPI Cup khususnya bisa melahirkan pemain berbakat. Termasuk kehadiran Bima Sakti. Tapi karena kewenangan SMA ada pada Provinsi, setidaknya itu sedikit menghambat. Tapi Dinas Pendidikan Balikpapan akan menjadi fasilitator bila ada turnamen di level SMA. Karena hadirnya turnamen sepakbola bisa mengurangi angka kenakalan remaja,” tukasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Dharma Pertiwi Miliki Peran Aktif Keluarga TNI

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Dalam peringati Hari Ulang Tahun Dharma Pertiwi ke 55 pada tahun ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.