BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Tingkatkan Derajat Kesehatan Bayi dan Anak, Balikpapan Laksanakan Program Campak, Vitamin A dan Obat Cacing, DKK Balikpapan melaksanakan crash program campak secara serentak. Kegiatan ini program nasional yang dilakukan bersamaan diseluruh Indonesia dengan target sebesar 95%.

Di kota Balikpapan dari program integrasi crash program campak, vitamin A, dan obat cacing akan diikuti 52.923 Balita usia 9-59 bulan. Secara simbolis acara dilaksanakan di Puskesmas Klandasan Ilir dan dilakukan pemberian vaksin oleh Wakil Walikota Rahmad Mas’ud.

Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, dr Esther Vonny mengatakan pencanangan kegiatan integrasi crash program campak ini bertujuan melengkapi tingkat imunitas pada bayi dan anak yang belum terbentuk kekebalan tubuhnya dan menjangkau anak yang belum mendapatkan imunisasi pada pelayanan rutin imunisasi.

“Hari ini pencanangan dari program campak, vitamin A, dan obat cacing. Dan program ini dilaksanakan secara serentak. Program ini dilaksanakan sejak tanggal 1-31 Agustus,” katanya disela-sela kegiatan pencananga r(5/8).

Menurutnya, pemberian obat cacing memang pertama kali. Karenanya dilakukan secara integrasi atau bersama sehingga derajat kesehatan pada bayi dan anak meningkat.

“Penyakit kecacingan pada anak menyebabkan asupan gizi tidak dapat diserap secara maksimal. Dan jangka panjangnya bisa menimbulkan anemia sehingga berdampak pada adanya gangguan pertumbuhan fisik dan kecerdasan anak,” jelasnya.

Vonny menyebutkan jumlah sasaran crash program campak pada usia 9-59 bulan mencapai 52.923 jiwa. Sedangkan pemberian vitamin A usia 6-11 bulan sebanyak 6.923 jiwa, pemberian vitamin A 12-59 bulan sebanyak 46.516 jiwa.

Adapun jumlah sasaran untuk pemberian obat cacing usia 12-23 bulan sebanyak 12.235 jiwa dan pemberian obat cacing 24-59 bulan usia 24-59 bulan sebanyak 35.622 jiwa.

Sementara itu, disaat pencanangan kegiatan integrasi crash program campak, vitamin A dan obat cacing tersebut ratusan ibu membawa bayi dan anaknya datang ke Puskesmas untuk mendapatkan imunisasi tersebut.

“Bagi ibu yang memiliki bayi dan anak yang belum memperoleh imunisasi campak, vitamin A dan obat cacing dari program ini bisa datang ke posyandu dan Puskesmas terdekat,” pungkasnya.

Pelaksanaan berlangsung selama bulan Agustus diseluruh Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik, Praktek Dokter Spesialis Anak, Praktek Bidan.

” Termasuk pos pelayanan lain yang ditentukan sebanyak 1.170 pos terdiri dari Posyandi, PAUD dan Play Group,” tukasnya.

Comments

comments

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version