ASN Pemkot Balikpapan Salurkan ZIS, Kurang Dua Jam Terkumpul Rp 53 Juta

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Sudah menjadi agenda rutin, menjelang Hari Raya Idulfitri, Pemerintah Kota Balikpapan bekerja sama dengan Baznas Kota Balikpapan melaksanakan kegiatan Balikpapan Berzakat, yang dilaksanakan di Aula Kantor Walikota, Senin (25/4/2022).

Dalam kegiatan ini, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, Pj Sekda Kota Balikpapan dan sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan membayar zakat fitra, infaq dan sodaqoh secara langsung kepada sejumlah petugas dari Baznas Balikpapan. 

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, membayar zakat itu wajib, warga taat pajak tapi juga wajib bayar zakat, untuk itu manfaatkanlah momentum di bulan suci ramadan ini untuk kita bersedekah khususnya berzakat termasuk zakat mal.

“Mudah-mudahan ini bagi muslim menambah keimanan, seperti kita ketahui harta yang dititipkan ke kita ada yang berhak didalamnya, termasuk zakat fitra yang wajib kita kasih keluar tiap tahunnya,” ujar Rahmad Mas’ud kepada Inibalikpapan.com, Senin (25/4/2022).

Rahmad mengaku, dalam mengeluarkan zakat fitra dirinya menanggung sekitar 30 orang yang hari ini dibayarkan langsung zakat fitranya ke Baznas Balikpapan. 

“30 orang yang kita bayarkan zakatnya,” kata Rahmad. 

Dirinya juga berharap agar pelaksanaan zakat fitrah ini bisa disalurkan dengan baik. Juga sedekah yang disalurkan melalui Baznas bisa bermanfaat.

“Yang nantinya akan diteruskan kepada saudara kita yang membutuhkan. Karena umat muslim juga bisa lebih produktif membantu saudara kita yang membutuhkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Balikpapan, Sarjono mengaku, jika berkaca pada Pengalaman tahun lalu, untuk zakat fitra itu dalam satu hari baznas bisa memperoleh Rp 70 juta, dan Rp 480 juta untuj zakat harta, sedangkan kalau dari zakat fitra ASN sekitar Rp 40 juta.

Baca juga ini :  15 Tahun Pimpin Balikpapan, Rizal Effendi Pamit

“Selama ini kan ASN itu dipotong tiap bulan dari gajinya, kalau gaji naik otomatis potongan untuk zakatnya juga ikut naik, angkanya sekitar Rp 300 jutaan tiap bulan untuk ASN,” ujarnya.

Dari Informasi Baznas Kota Balikpapan, dalam kegiatan Balikpapan Berzakat terkumpul zakat, infaq, sodaqoh sekitar Rp 53 juta dalam kurun waktu dua jam. ” Alhamdulillah tadi terakhir laporan kita dapat 53 juta. Ya kurang 2 jam, ” tukasnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.