Balapan Penutup Tahun Paling Bergengsi Sukses Digelar, Minoru Morimoto Pensiun Balap

JAKARTA, Inibalikpapan.com — Perhelatan Yamaha Endurance Festival di Sentul International Circuit, 18 hingga 19 Desember 2021 berlangsung sukses.

Pertarungan balap ketahanan selama 2 jam pada 3 kelas menggunakan motor YZF-R15 dan YZF-R25 berjalan sengit di lintasan sirkuit yang kering tanpa terganggu hujan yang turun saat race berakhir. Para peserta baik rider profesional maupun komunitas menikmati sensasi endurance di kompetisi ini, Kamis (23/12/2021).

Yamaha Endurance Festival 2021 memberikan pengalaman yang sangat berharga. Baik itu terkait gaya start ala Le Mans Style, strategi tim dalam penentuan rider pertama dan rider kedua ataupun menjaga keawetan ban dan menciptakan waktu yang kompetitif dalam setiap lap.

Animo luar biasa dengan 107 Starter yang meramaikan Yamaha Endurance Festival 2021 di Sentul International Circuit ini merupakan gambaran semangat yang ditunjukkan para pembalap dan komunitas yang haus akan balapan setelah absen karena pandemi.

Jumlah starter di tahun ini merupakan jumlah starter tertinggi dibandingkan tahun 2018 dan 2019. Event ini berjalan lancar dan sukses, juga berkat kerjasama semua pihak yang terlibat untuk menerapkan protokol kesehatan di area kompetisi balapan ini.

Di kelas Community Rider 155cc dimenangkan oleh Sendy Aminallia Putra yang berduet dengan Riyadh Maulana dengan bendera tim YROI.

“Kami baru pertama kali ikut Yamaha Endurance Festival ini. Ajang ini memberikan pengalaman berkendara yang sangat menarik, sekaligus sebagai sebuah tantangan. Alhamdulillah, kami dapat meraih podium juara Community Rider 155cc,” ungkap Sendy Aminallia Putra dan Riyadh Maulana.

Peringkat kedua dan ketiga masing-masing ditempati M.Rangga Natadireja/Yusuf Ibrahim (YROI Batik Yuasa) dan M.Irgi/Gilang Pratama Aditya (Cornering Indonesia).

Pada kelas Community Rider 250cc, Alvian Hadi Putra/M. Ihsan Haidar dari tim Cornering Indonesia sukses meraih podium pertama, sedangkan podium kedua ditempati Jimmy/ M.Rafi Wahyu Wibowo (ROCK), diikuti Arry Wijayanto/A.Ghazi Al Ghifari (ROCK).

Baca juga ini :  20,70 Persen Orangtua Siswa SMP Tolak Belajar Tatap Muka

Di kelas Pro Rider 250cc, Rey Ratukore sukses meraih hattrick atau kemenangan ketiga kalinya dalam gelaran Yamaha Endurance Festival yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2018. Sebelumnya di tahun 2018 dan 2019, Rey Ratukore berhasil meraih podium jawara.

Pembalap tim Yamaha Yamalube Seruyan Cargloss IRC TDR ini kembali meraih yang terbaik. Kali ini, dia berpasangan dengan Aditya Fauzi yang merupakan rookie atau pendatang baru di kompetisi Yamaha Endurance Festival.

“Ini menjadi kemenangan ketiga saya di Yamaha Endurance Festival. Tahun 2018-2019 dengan M Faerozi, sekarang dengan Aditya Fauzi sekaligus menjadi mentornya. Untuk tahun depan (2022), Aditya Fauzi yang akan menjadi rider utama atau pertama,” tutur Rey Ratukore.

Dalam sesi press conference yang didampingi Eric Saputra sebagai pemilik tim. Podium kedua dan ketiga kelas Pro Rider 250cc masing-masing direbut oleh Anggi Setiawan/Fahnisar Nurjabad (Yamaha BAF Yamalube Pirelli Akai Jaya MBKW2) dan Wahyu Nugroho/M.Murobbil Fitoni (Yamaha Yamalube Pirelli NGK Bahtera Racing).

Spesial di penghujung tahun, Minoru Morimoto selaku President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), menyebutkan bahwa ajang Yamaha Endurance Festival 2021 menjadi balapan terakhirnya.

Hal itu diumumkannya dalam Press Conference “The Last Race of Minoru Morimoto” yang menerangkan pengalaman beliau di dunia balap sekaligus pensiun balapan di tahun 2021 ini. Di Yamaha Endurance Festival 2021 ini Minoru Morimoto berduet dengan Shu Sato di kelas Community Rider 155cc dengan hasil race menempati posisi ke 4.

Adapun kesuksesan Yamaha Endurance Festival 2021 didukung oleh berbagai sponsor terkait seperti Idemitsu, Yamalube, KYB, IRC Tire, NGK, dan Zuttoride Corporation.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.