Balikpapan Mulai Gunakan Vaksin Pfizer, 1.800 Peserta Ikut Divaksinasi

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Pemerintah Kota Balikpapan mulai menggunakan vaksin jenis pfizer dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan di Embarkasi Haji Batakan, Sabtu (16/10/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengatakan, penggunaan vaksin jenis pfizer ini pertama kali digunakan di Kota Balikpapan yang diberikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) ke Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim yang kemudian disalurkan ke DKK Balikpapan. 

“Ada 28.080 dosis yang dikirim ke Balikpapan dan akan kita gunakan dengan interval waktu suntikan dosis pertama dan kedua yaitu 21 hari dengan sasaran penerima vaksi usia 12 tahun ke atas sampai lansia,” ujar Andi Sri Juliarty saat diwawancarai media, Sabtu (16/10/2021).

Dio sapaan Andi Sri Juliarty menambahkan, untuk pelaksanaan vaksinasi di Embarkasi Haji Batakan hari ini akan menyasae 1.800 peserta yang berasal dari warga Balikpapan Timur dan anak sekolah.

“Jadi vaksin ini ditujukkan kepada masyarakat yang sama sekali belum divaksin dan menjadi dosis satu,” akunya. 

Kata Dia, tadi dalam pelaksanaannya ada saja warga yang datang ke Embarkasi Haji Batakan agar mendapatkan vaksin dosis ketiga, karena melihat efikasi vaksin pfizer cukup tinggi 95,5 persen. 

“Mohon maaf pemberian dosis ketiga belum bisa dibolehkan, karena vaksin pfizer maupun moderna yang  ada sekarang untuk dosis satu dan dua bagi masyarakat umum,” kata Dio. 

Terkait adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) hingga saat ini DKK Balikpapan belum menerima adanya laporan tersebut, hanya saja pihaknya mendapat informasi kemungkinan adanya KIPI setelah menerima vaksin pfizer bisa saja ada, tapi pihaknya sudah siap untuk menanganinya. 

“Kemungkinan ada KIPI bisa terjadi, dan bisa ditanggulangin,” tutup Dio. 

Comments

comments

Baca juga ini :  Kapolda Kaltim Panen Lele dan Kangkung di Kampung Tangguh RT40 Sumber Rejo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.