Andi Sri Juliarty

Balikpapan Raih Penghargaan dari Kemenkes, Total Testing Capai 585.783 Jiwa

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kota Balikpapan meraih penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebagai daerah dengan capaian testing, lacak dan isolasi terbaik nasional.

Capaian ini cukup menggembirakan ditengah upaya bersama pemerintah dengan seluruh stakeholder terutama masyarakat untuk mencegah penyebaran covid. Capaian ini juga tidak lepas dari petugas lapangan.

“Alhamdulilah hari ini kita juga mendapat penghargaan dari Kemenkes mask dalam kota capaian testing, lacak dan isolasi terbaik nasional,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty pada Jumat (12/11/2021).

Penghargaan ini sementara diumumkan melalui virtual dari Kementerian Kesehatan RI mengingat masih dalam status pandemik meskipun kasus penyebaran makin landai.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan itu menuturkan, capaian testing selama pandemi cukup baik. Total testing hingga November 2021 sebanyak 585.783 Jiwa

“Kalau di Balikpapan tahun 2020 total tracing 233.038 jiwa. Kalau total di Balikpapan seluruhnya 585.784 testing,” ujarnya kepada awak media.

Kata dia, untuk tahun ini capaian testing sebanyak 352.746 jiwa dari seluruh laboratorium. “Tahun 2021 sampai pada 11 November kemarin kita 352.746 jiwa” ujarnya.

Kesedian warga mengikuti testing, tracing ini juga ikut mendongkrak jumlah capaian testing dan tracing guna melacak penyebaran kasus covid.

Kasus covid-19 juga terlihat telah melandai. Dalam dalam sepekan ada dua kali kasus harian nol. Kendati begitu dia menyatakan, kasus harian masih sangat fluktuatif.

Pihaknya berharap masyarakat tidak terlena dengan landainya penyebaran kasus ini. Mengingat sudah tingginya kegiatan masyarakat terutama jelang akhir tahun dan liburan tahun baru.

“Kemarin 0 kasus. Tapi masih fluktuasi. Kita kan pernah kemarin 0 kasus, tapi tibah-tiba 4 kasus, tapi masih 1 digit. Dalam dua pekan dua kali nol kasus harian,” ujarnya.

Baca juga ini :  LPG 3 Kg di Kaltim Langka dan Harganya Melonjak, Begini Penjelasan Pertamina

Dio juga mengimbau kepada seluruh lingkungan RT dan Kelurahan di Balikpapan untuk saling bekerjasama mengajak masyarakat untuk vaksin. Pasalnya, percepatan capaian angka vaksinasi di kota Balikpapan ini diupayakan harus cepat selesai.

“Kita mengimbau kepada RT dan Kelurahan, terutama di wilayah Balikpapan untuk aktif mengajak warganya untuk vaksin bagi yang belum. Karena vaksin di kota Balikpapan ini sangat penting, utamanya di wilayah Balikpapan Utara karena jumlah penduduknya di sini cukup banyak,” akunya. 

Dio mengungkapkan, bahwa kini sudah saatnya seluruh pihak untuk aktif menjemput bola dengan mendatangi dan mengajak warga untuk melakukan vaksin. Apalagi, capaian vaksinasi kota Balikpapan saat ini sudah mencapai 95 persen. Artinya, hanya tinggal 5 persen maka Kota Balikpapan akan mencapai angka 100 persen.

“Jadi masyarakat belum daftar pun kita sudah mendata dan mengajak mereka bervaksin. Saya berharap setidaknya kota Balikpapan bisa segera turun ke Level 1 PPKM,” tutupnya. 

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.