Covid-19 / Ilustrasi
Covid-19 / Ilustrasi

Tak Ditahan, Dokter Lois Telah Ditetapkan Tersangka dan Dijerat Dua UU Sekaligus

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Setelah sempat menginap dalam tahanan semalam, Dokter Lois Owien dibebaskan stelah mengaku, bersalah dan tak akan melarikan diri.

“Yang bersangkutan (dr Lois) menyanggupi tidak akan melarikan diri,” ujar Direktur Tindak Pidana Siber (Dir Tipidsiber) Bareskrim Polri Brigjen Pol Slamet Uliandi, dilansir dari suara.com jaringan inibalikpapan.com

“Oleh karena itu saya memutuskan untuk tidak menahan yang bersangkutan, hal ini juga sesuai dengan konsep Polri menuju Presisi yang berkeadilan,”

Dia mengatakan, dibebaskannya Dokter Lois karena Polri kini mengedapankan pendekatan preventif dalam menindaklanjuti kasus tindak pidana Informasi dan Transaksi Elektronik atau ITE.

“Kami melihat bahwa pemenjaraan bukan upaya satu-satunya, melainkan upaya terakhir dalam penegakan hukum, atau diistilahkan ultimum remidium. Sehingga, Polri dalam hal ini mengendepankan upaya preventif agar perbuatan seperti ini tidak diikuti oleh pihak lain,” katanya.

Namun Dokter Lois sebelumnya telah ditetapkan sebagia tersangka dan dijerat dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan/atau Pasal  14 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946.

Kemudian Pasal  14 ayat (2) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 dan/atau  Pasal 14 ayat (1) dan Undang Nomor 4 Tahun 1984  tentang Wabah Penyakit Menular dan/atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Comments

comments

Baca juga ini :  Pernyataan Dokter Lois Tak Percaya Covid-19 Dianggap Bikin Keonaran Hingga Diamankan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.