Home / iniFLASH / DPPK Balikpapan akan Buat Master Plan Pemakaman Terpadu KM 15 Tahun Depan
Ketut Astana

DPPK Balikpapan akan Buat Master Plan Pemakaman Terpadu KM 15 Tahun Depan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Dinas Pemukiman dan Perumahan (DPPK) Kota Balikpapan berencana akan membuat master plan atau pengembangan dan penataan pemakaman terpadu kilometer (KM) 15 pada tahun anggaran 2021.

“Karena sekarang kan kita punya master plan yang lama. Perkembangan penduduk juga kan nambah, bagaimana kedepannya 5 tahun lagi, Nanti akan ditata,” ujar Kepala Dinas Pemukiman dan Perumahan Ketut Astana.

“Mudah-mudahan di 2021 kita bisa menganggarkan untuk pembuatan master plan kuburan di kilometer 15. Kita harus punya mapping,”sambungnya

Namun pembuatan master plan dan penataan tersebut, khusus untuk pemakaman muslim. Karena meski kuburan terpadu, namun pengelolannnya berbeda. kuburan Kristen, Konghucu maupun Hindu semua dikelola yayasan.

“Yang dikelola Pemerintah Daerah kan cuma yang Muslim, kalau yang lain kan dikelola yayasan jadi kalau pengembangan itu urusan yayasan,” katanya.

“Yang kuburan muslim ini perlu kita buatkan master plan untuk sekian tahun kedepan. kita akan adakan perbaikan disitu, pembuatan gerbang yang bagus,”ungkapnya.

Menurutnya, khusus untuk pemakaman muslim di KM 15 yang telah dibebaskan sekitar 47 persen dari luasan peruntukkannya mencapai 80 hektar. “Yang muslim itu sekitar 20 hektar yang sudah digunakan, dari 47 hektar,” ujarnya.

Kata dia, dari 31 pemakaman di Kota Balikpapan, 10 pemakaman sudah ditutup dan telah diajukan lagi 5 kuburan untuk ditutup. “Hampir sebagian besar yang berada ditengah kota, sudah lama kita ajukan tapi belum ada jawaban,” ujarnya.

“Pemerintah Daerah kepinginnya semua nanti ke KM 15, kita akan adakan perbaikan disitu, pembuatan gerbang yang bagus.”tukasnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Sonhaji : Kami Hanya Memberi Rekomendasi Rahmad Mas’ud

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com  – PKS tetap menyatakan, mendukung Rahmad Mas’ud sebagai calon Wali Kota Balikpapan pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.