Gedung DPR RI
Gedung DPR RI

DPR Minta Pemerintah Bentuk TGPF dan Tetapkan KLB Gangguan Ginjal Akut

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – DPR RI mengusulkan dibentuknya tim investigasi independen pencari fakta atau Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) untuk mengungkap gangguan ginjal akut pada anak.

Pasalnya, dari laporan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan penyakit misterius tersebut telah menyebabkan 133 anak meninggal dunia, dari jumlah 241 anak yang terinveksi.

Anggota Komisi X DPR yang membidangi kesehatan, Netty Prasetiyani Aher meminta Pemerintah untuk mempertimbangkan menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) gangguan ginjal akut.

“Yaitu mempertimbangkan status kejadian luar biasa dengan membentuk tim independen mencari fakta, tim investigasi,” ucap Netty dilansir dari suara.com jaringan inibalikpapan.com

“Meskipun kedengarannya ngeri ya, tapi kan memang harus dicari. Apakah betul karena obat, apakah karena memang faktor lain? Nah ini harus ditegakkan dengan cara melakukan riset ke daerah. Bukan hanya dari data sekunder, memang harus dilakukan (riset).”

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan,  kini tengah mendatangkan obat Fomepizole dari Australia dan Singapura. Rencananya hari ini obat tersebut akan tiba di tanah air.  

Comments

comments

Baca juga ini :  Malam Ini Timnas Lawan Vietnam, Saatnya Balas Dendam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.