Dukung Peran Industri Kreatif,  Ciptakan Karya Inovatif

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Fakultas Teknik Industri Program Studi Teknik Industri Universitas Balikpapan menggelar seminar dan pameran industri kreatif yang digelar di halaman Kampus Universitas Balikpapan, Rabu (16/11/2022).

Dalam pameran ini ada beberapa hasil karya mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Program Studi Teknik Mesin, diantaranya memamerkan mobil dan sepeda motor listrik. Untuk mobil listrik ini disebut sebagai mobil IKN 1 atau Inovasi Karya Nusantara.

Mobil listrik ini memiliki spesifikasi, motor BLDC rated power 5kw dan peak power 7kw. BLDC controller full programable vector control. Battery lithium 72v 100ah. Smart Battery Monitoring System. Transmisi 2 speed. Front double wishbone suspension. Rear four link suspension. Rack and pinion stearing system. Solar power rechargeable dan Front and rear disk brakes.

Hadir pada acara pameran industri kreatif ini adalah Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Tinggi Dharma Wirawan Kalimantan Timur Universitas Balikpapan Dr. H. Rendi Susiswo Ismail SE, SH, MH. Rektor Universitas Balikpapan Dr. Ir. Isradi Zainal. Purnomo Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan dan perwakilan dari Dinas UMKM. Serta hadir pula sejumlah Dekan dan Ketua Program Studi Universitas Balikpapan.

Mewakili Wali Kota Balikpapan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan, Purnomo mengatakan, industri kreatif memiliki peran strategis dalam menciptakan transfornasi sosial menuju masyarakat yang lebih inovatif. 

“Melalui industri kreatif juga dapat memunculkan inovasi mendukung kelestarian alam sekitar,” ujar Purnomo.

Kegiatan ini diharapkan dapat mengoptimalkan peran mahasiswa dari industri kreatif dalam upaya meningkatkan kualitas lingkungan hidup. 

“Pameran ini jadi kaderisasi mahasiswa yang bisa membawa perubahan agar menghasilkan SDM menjadi motor penggerak dan pelopor industri kreatif ramah lingkungan,” harapnya.

Baca juga ini :  Longsor di RT 19 Margo Mulyo, Berdampak pada Rumah Warga

“Kegiatan ini upaya jangka panjang dalan menjadikan kota Balikpapan sebagai penyangga IKN, sehingga bisa ikut berkontribusi,” tambahnya.

Pada kesempatan ini, Rektor Universitas Balikpapan Dr.Ir. Isradi Zainal menyempatkan diri untuk mencoba mengemudikan mobil listrik hasil karya dari mahasiswanya tersebut. Menurutnya, mobil listrik sudah cukup bagus. Namun kedepannya Beliau berharap agar lebih dikembangkan lagi.

Selain memamerkan mobil dan sepeda motor listrik, Prodi Teknik Sipil turut pula ambil bagian dalam pameran ini. diantaranya, Aspal. Aspal ini komposisinya adalah pasta aspal, plastik, agregat kasar, agregat halus. 

Kemudian adapula paving blok yang bahan dasarnya adalah, pasir, plastik. Selain itu ada pula batako dengan bahan dasarnya adalah bahan-bahan seperti semen, pasir, plastik dan kertas

Sementara itu Program Studi Teknik Lingkungan turut pula memamerkan hasil karya dari para mahasiswanya, diantaranya filtrasi air yang bahannya diantaranya adalah busa, jaring kasa, baru zeolite, ijuk, pasir silika, karbon aktif. 

Manfaat filtrasi air ini menjadi lebih jernih dan layak dikonsumsi dan hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam untuk membuatnya.

Selain memerkan filtrasi air, Prodi Teknik Lingkungan juga memamerkan Eco Enzym dengan bahan-bahan berupa kulit buah buahan (pepaya dan nanas), bakteri kombucha, gula merah dan air. 

Sedang manfaat Eco Enzym adalah untuk pupuk cair, hand sanitizer pembersih kaca. Eco Enzym ini membutuhkan  waktu pengerjaan lebih kurang 2 minggu.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.