Hasbullah Helmi

Helmi: 58 Kota Jadi Pilot Projek, Gunakan Satu Aplikasi Tampung Semua Kartu Identitas

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Untuk mempermudah pelayanan dalam adminitrasi pendudukan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) saat ini sudah membuat pilot projek di 58 Kota dan Kabupaten yang ada di Indonesia. 

“Jadi ada satu aplikasi yang bisa menampung semua nomor seperti NIK, Kartu Keluarga, KTP,  Akta Kelahiran, Kartu BPJS, NPWP secara digital,” ujar Kepala Disdukcapil Kota Balikpapan, Hasbullah Helmi kepada media, Minggu (16/1/2022).

Kata Helmi, untuk saat ini di Balikpapan belum termasuk dari 58 Kota tersebut, karena ini sifatnya masih pilot prejek, jika berjalan lancar tidak menutup kemungkinan akan diberlakukan di Kota dan Kabupaten lainnya. 

“Balikpapan belum, tapi mudah-mudahan kedepan juga bisa diberlakukan disini,” kata Helmi. 

Selain itu, juga ada kemudahan dalam pencarian nomor NPWP yang sekarang sudah disatukan dengan NIK, misalnya kalau masuk ke aplikasi pajak harus masukan nomor NPWP sementara tidak tahu nomor NPWP nya, untuk itulah dengan gantinya memasukan nomor NIK untuk nanti bisa diketahui nomor NPWP nya. 

“Kalau kartu NPWP kadang kita tidak bawa terus, berbeda dengan KTP yang ada nomor NIK nya kita bawa terus dan sudah hafal nomornya,” jelasnya. 

“Sehingga diharapkan kedepan semua  bisa disatukan seperti SIM, jadi satu dengan nomor NIK bisa tahu punya NPWP nomor sekian, nomor paspor sekian, Kartu Keluarga,” tutupnya 

Comments

comments

Baca juga ini :  APL Optimis Pembangunan Borneo Bay City Gerakan Perekonomian Balikpapan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.