Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas / twitter pribadi

Hingga Kemarin Sebanyak 89 Jemaah Haji Meninggal Dunia

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Selama penyelenggaraan ibadah haji tahun ini,  puluhan orang dilaporkan meninggal dunia. Hal itu disampaikan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas

“Yang wafat sampai tadi malam (minggu) saya cek ada 89, jemaah yang wafat,” kata Yaqut di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (15/8/2022).

Dia mengatakan, penyelenggaran ibadah haji hampir rampung. Karena saat ini tinggal kloter petugas haji yang belum pulang. Rencananya akan kembali ke Tanah Air pada Selasa (16/8/2022) besok.

Menurutnya, penyelenggaraan ibadah haji pada 2022 sudah berjalan dengan baik. Kendati begitu, ia tidak menampik ada kekurangan dalam proses penyelenggaraan.

Diantaranya, masih adanya kurang koordinasi antara petugas. Semisal ketika ada jemaah yang tersesat. Sehingga kata dia, pertolongan menjadi agak lambat.

Selain itu lanjutnya, lambannya respon dari petugas membuat keterlambatan akan datangnya katering yang bakal diberikan kepada jemaah.

“Ini kemudian tidak cepat ketemu solusinya antara petugas kami dengan penyediaan katering, ada hal teknis kecil-kecil tapi semuanya bisa diselesaikan jadi begitu saja sebenarnya,” ujarnya.

“Biasanya masalah itu banyak muncul di Arafah dan Mina tapi kemarin alhamduillah di Arafah dan Mina juga Muzdalifah bisa diselesaikan dengan baik semua proses dengan baik.”

suaracom

Comments

comments

Baca juga ini :  Bertambah 11 Kasus Positif baru di Balikpapan, Jumlah Kasus Aktif Covid-19 Sebanyak 409 Orang

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.