Rizal Effendi

Hingga Pekan Ketiga Ramadan, Belum Berdampak Pada Kenaikkan Kasus Covid-19

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Hingga pekan ketiga ramadan, belum terlihat ada dampak penularan covid-19 di Kota Balikpapan. Demikian disampaikan Wali Kota Rizal Effendi disela-sela vaksinasi lansia di Dome, Minggu siang (9/5/2021). 

Rizal mengatakan, justru kasus penularan covid-19 terjadi banyak di perusahaan-perusahaan, keluarga atau ibu rumah tangga (IRT) maupun pelajar. Meskipun, saat ini belum ada kebijakan sekolah tatap muka.

“Yang ada ini kan selalu perusahaan, IRT , pelajar, pelajhar bisa saja dari café atau dari teman-temannya, seperti itu yang ada selama ini,” katanya, Minggu (09/05/2021)

Sementara untuk lebaran baru akan terlihat beberapa hari setelahnya. Namun, dia berharap tak terjadi kenaikkan kasus positif. Mengingat sejumlah kebijakan diterapkan untuk pencegahan penularan covid-19.

“Proses lama, tidak langsung (positif). Proses penularan tidak serta merta kelihatan. Tentu harapan kita tidak terjadi,” ujarnya

Bahkan kata dia, jumlah kasus positif juga belakangan terus melandai. Karena hari ini dari rilis Satgas Penanganan Covid-19 hanya terdapat 12 kasus positif baru dan tidak ada kasus kematian.   

“Makin menurun, hari ini 12 kasus. Mudah-mudahan ya turun terus, setidaknya bisa mengurangi,” harapnya. 

Menurutnya, sejumlah kebijakan untuk mencegah penularan covid-19 memang berdampak pada sector ekonomi. Mulai dari pembatasan jam malam, penutupan obyek wisata, fasilitas umum dan lainnya.  

“Tentu yang tidak nyaman dampak ekonominya, karena cukup terasa. Pertama sector angkutan, sektor makanan, sektor oleh-oleh pasti terdampak,” tukasnya

Comments

comments

Baca juga ini :  Polresta Balikpapan Siap Amankan Kebijakan New Normal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.