Home / covid-19 / ITCIKU Gelar Rapid Test Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19

ITCIKU Gelar Rapid Test Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19

PPU, Inibalikpapan.com — PT ITCI Kartika Utama (ITCIKU) telah melakukan tiga kali gelombang pemeriksaan rapid test kepada ratusan karyawan dan keluarga serta mitra.

Pemeriksaan ini untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran apalagi  terdapat  informasi beberapa kluster penyebaran Covid-19 di Kalimantan Timur.

Perusahaan dipastikan telah melakukan upaya-upaya proaktif untuk memastikan kesehatan dan  keselamatan karyawan dan keluarganya.

ITCIKU secara internal melakukan serangkaian upaya pencegahan agar penyebaran Covid-19 tidak terjadi di dalam konsesi perusahaaan yakni dengan membentuk tim Gugus Tugas Covid- 19 yang bekerjasama dengan tim Satgas Covid-19 UPT Puskesmas Maridan serta Badan  Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Disamping itu, perusahaan telah menyusun dan menerapkan protokol Adaptasi Kebiasaan Baru sesuai anjuran  pemerintah dan praktik-praktik terbaik yang ada.  Memberikan edukasi dan sosialisasi kepada  seluruh karyawan mengenai bahaya dan pencegahan penyebaran Covid-19.  Dan menyiapkan Alat  Pelindung Diri (APD) dan membenahi infrastruktur Rumah Isolasi. Selain itu, perusahaan juga  melaksanakan kegiatan Rapid Test bagi seluruh karyawan, keluarga & mitra.

General Manager Forestry & Camp  Jurianto selaku Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19, PT ITCI Kartika  Utama mengatakan pandemi Covid-19 dalam delapan bulan terakhir telah memberikan dampak yang  sangat merugikan di berbagai sektor. Untuk meminimalisasi kerugian atas dampak penyebaran Covid- 19 di wilayah PPU yang merupakan pusat lokasi pembangunan Ibukota Negara Baru, perusahaan  melakukan pencegahan di lingkungan perusahaan dengan menggelar rapid test.

“Selain sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 dan kegiatan rapid test. Perusahaan juga memastikan bagaimana tim di lapangan benar-benar melakukan patroli dan pengawasan, sehingga pelanggaran terhadap  protokol dapat di ambil tindakan pencegahan dengan segera. Meskipun perusahaan telah memiliki  Protokol Adaptasi Kebiasaan Baru, namun tetap perlu ada pengecekan dan tindak lanjut di lapangan  secara cepat. Untuk itu sangatlah penting untuk bisa melakukan patroli dengan berbagai pihak secara  terpadu. Kami ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengambil bagian dalam hal ini,” jelasnya.

PT ITCIKU bekerjasama dengan BPBD dan Dinas Kesehatan PPU telah melaksanakan Rapid Test yang  melibatkan karyawan, keluarga karyawan dan mitra perusahaan di 2 (dua) lokasi.

Dia membeberkan rapid test gelombang 1 di Site Kenangan  yang digelar pada Kamis (3/9)  diikuti328 orang.  Hasil non-Reaktif  sebanyak 318 orang dan reaktif sebanyak 10 orang (wajib laksanakan Isolasi Mandiri).

sedangkan pelaksanaan  Rapid Test gelombang 2 di Kantor Balikpapan,Kamis ( 3/9) diikuti  32 orang dan hasilnya rekatif. Dan Rapid Test gelombang 3 di Site Kenangan, Sabtu (5/9) jumlah peserta rapid  sebanyak 215 orang yakni hasil Reaktif 9 orang (wajib laksanakan Isolasi Mandiri) dan non-Reaktif  sebanyak  206 orang.

Sehingga dari tiga kali rapid test  terdapat 19 reaktif dari dari total 575 orang yang melaksanakan Rapid Test. “Sebagai bagian dari SOP, karyawan dan  keluarga karyawan yang berisiko tertular telah diminta untuk melakukan karantina mandiri selama 14 hari sampai dilaksanakannya SWAB test oleh tim Gugus Tugas Covid-19 PPU,” tukasnya.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Pasien Positif Tanpa Gejala Diimbau Isolasi Mandiri di Embarkasi Haji Batakan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Satgas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan mengimbau pasien terkonfirmasi positif yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.