Kasus Covid Menurun, Razia Prokes Tetap Berjalan

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com —Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Balikpapan turun signifikan. Namun tim gabungan penegak protokol kesehatan (Prokes) tetap melakukan operasi penertiban secara rutin.

Penertiban menyasar tempat-tempat keramaian pagi dan malam hati. Seperti Senin Siang (8/11/2021)  tim gabungan, Kecamatan Balikpapan  Timur, Kepolisian, Satpol PP dan Dinas Kesehatan Kota Balikpapan melakukan operasi yustisi. 

“Siang ni kegiatan penegakan protokol kesehatan kota lakukan di Jalan Mulawarman. Tepatnya di depan Asrama Haji Batakan,” terang Camat Balikpapan Timur, Suwandi kepada media. 

Menurut dia, dalam operasi pagi tadi masih ada ditemukan masyarakat yang tidak menaati protokol kesehatan. Petugas memberikan teguran langsung kepada pelanggar. 

“Ada lima orang yang kita temukan melanggar protokol kesehatan. Mereka kita tindak dan berikan teguran langsung,” akunya. 

Menurut Suwandi operasi penertiban protokol kesehatan ini akan terus dilakukan setiap hari. Sesuai arahan dari Walikota dan Satgas Covid 19 pusat.

Sementara itu, Muhammad Yusuf salah seorang warga yang kedapatan tidak memakai masker, berkilah karena daerah yang mau ditujuh dekat dengan rumah. 

“Tadi mau ke pasar Manggar, dekat jadi gak pakai masker, eh tahunya ada razia disini,” ujar Yusuf. 

Ia mengaku baru kali ini terkena razia dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi. 

“Baru ini mas, minta kerja sosial aja,” akunya. 

Di tempat terpisah, Juru Bicara Covid -19 Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty membenarkan kasus Covid-19 di Kota Balikpapan sejak beberapa pekan terakhir mengalami penurunan. Bahkan penambahan kasus positif perharinya di bawah lima kasus dan ada yang nihil per harinya. 

“Seperti Sabtu kemarin tidak ada penambahan kasus sama sekali. Sementara kasus aktif saat ini hanya 49 kasus, ada yang isolasi mandiri dan ada yang di rawat di rumah sakit,” terangnya.

Baca juga ini :  Purnawati Jabat Plt Dirut Perumda Tirta Manuntung

Dijelaskanya, total kasus secara akumulasi di Balikpapan dari tahun 2020 hingga saat ini sudah berada diangka 38.282 kasus. Dengan angka kematian sebanyak 1.875 kasus. “Sisanya sembuh sebanyak 36.358 kasus,” ungkap Dio biasa Andi Sri Juliart disapa.  

Dio juga menegaskan, meskipun kasus mulai menurun, Satgas Covid-19 tetap mengimbau masyarakat Kota Balikpapan untuk waspada dan selalu menerapkan protokol kesehatan. Terutama saat berada di luar rumah dan tempat keramaian.

“Kami tak bosan untuk meminta masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan di luar rumah. Pilihan yang tepat tetap berada di rumah jika tidak ada keperluan,” tutupnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.