Vaksinasi di Mall Pentacity

Kemenkes Mencatat Sudah 395 Juta Dosis Vaksin COVID-19 yang Didistribusi dan Disuntikkan ke Warga

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat hingga saat ini sudah hampir 400 juta dosis vaksin COVID-19 yang didistribusikan dan suntikkan ke masyarakat.

“Sampai saat ini ada sekitar 460 juta dosis vaksin kami terima, di mana 395 juta dosis sudah didistribusi dan sebagian telah dipakai,” ujarnya Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi,

Dari stok vaksin yang ada di fasilitas produksi PT Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, kini dalam proses pengemasan dan persiapan distribusi. Karena animo masyarakat ikut vaksinasi belakangan tinggi.

Pekan lalu Kemenkes juga mendistribusikan sekitar 12 ribu dosis vaksin ke wilayah aglomerasi Jabodetabek sebagai titik keberangkatan mudik. Saat ini bahkan diperkirakan sehari capai 700 ribu dosis.

“Animo masyarakat saat ini terhadap vaksinasi COVID-19 cukup besar yang tadinya sekitar 300 ribu suntikan sehari, saat ini bisa sekitar 700 ribuan suntikan sehari,” ujarnya

Pemberian booster menggunakan dua skema, yakni secara homolog dengan menggunakan jenis vaksin yang sama pada dosis kedua dan heterolog menggunakan jenis vaksin berbeda.

Dilansir dari laman Dashboard Vaksinasi COVID-19 Kemenkes, capaian a vaksin booster atau dosis penguat berkisar 14,86 persen dari target sasaran 208 juta jiwa.

Sementara capaian dosis kedua atau vaksin lengkap primer berkisar 78,15 persen dari target sasaran.

Upaya percepatan vaksinasi juga melibatkan sejumlah pengurus masjid, tokoh masyarakat hingga unsur TNI-Polri melalui pendirian posko vaksinasi di jalur mudik.

Suara.com

Comments

comments

Baca juga ini :  Sebanyak 50 Juta Dosis Vaksin Pfizer Bakal Dikirim ke Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.