Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dr Siti Nadia Tarmizi /Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden

Kemenkes Pastikan Tak Ada Penularan Kasus Varian Baru Covid-19 yang Terdeteksi di Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Juru bicara vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menyatakan, kasus positif varian baru covid-19 yang sempat terdeteksi di Kota Balikpapan hanya mengalami gejala ringan.

Ada empat kasus varian baru asal Inggris B117 yang terdeteksi, selain di Kota Balikpapan pada 12 Februari, Palembang 11 Januari, Medan 28 Januari dan Kalimantan Selatan (Kalsel) 6 Januari. Seluruhnya tahun 2021.

“Kami sampaikan saat ini jumlah kasus yang sudah dikumpulkan terkait dengan varian B117 saat ini bertambah sebanyak 4 kasus,” kata Nadia dilansir dari suara.com jaringan inibalikpapan.com

“Memang ada yang dirawat di rumah sakit tetapi dengan kondisi yang ringan sedang. Sehingga tidak ada kondisi yang cenderung berat atau bahkan membutuhkan perawatan ICU,”

Namun kata dia, kini seluruh pasien yang terpapar varian baru covid-19 itu telah sembuh dan berdasarkan pelacakan kontak erat tidak terjadi penularan terhadap keluarga maupun kerabat dekat pasien.

“Penemuan dari B117 ini merupakan pemeriksaan dari metode whole genome sequencing yang dilakukan badan litbangkes bersama juga dengan 16 laboratorium lainnya,” ujar Nadia.

“Keempat kasus varian dengan B117 sudah sembuh dan mereka menjalani tentunya pengobatan dan tatalaksana karena pada saat awal memang pemeriksaan PCR mereka dinyatakan positif.”

Sumber : suara.com

Comments

comments

Baca juga ini :  Varian Baru Covid-19 Tak ada Gejala Khusus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.