Covid
Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty

Konser Musik Boleh Dilaksanakan Di Balikpapan, Catat Ini Syaratnya

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan melalui Satgas Covid-19 Kota memberikan keringanan terhadap pelaksanan kegiatan-kegiatan di Kota Balikpapan, setelah dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Kota Balikpapan masih berada distatus PPKM level 1 hingga 5 September 2022 mendatang.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengatakan, dari dasar Inmedagri untuk itu Pemkot Balikpapan akan  mengeluarkan surat edaran yang akan menentukan Satgas Covid rekomendasi-rekomendasi kegiatan yang yang akan diberikan bagi masyarakat, pelaku usaha, dan panitia kegiatan yang sudah merencanakan kegiatannya tapi menjadi menunggu akibat inmendagri.

“Biasanya jika inmendagri PPKM level 1 maka ditindak lanjuti dengan surat edaran, dan kita lihat surat edaran sudah terbit dimana pemberlakuan kegiatan boleh dihadiri 100 persen pesert sesuai kapasitas ruangan,” ujar Andi Sri Juliarty saat diwawancarai Inibalikpapan.com, Rabu (3/8/2022).

Kata Dio, biasa Andi Sri Juliarty disapa, untuk kegiatan di atas 1.000 orang tentu tetap berlaku surat edaran dari Satgas Nasional Nomor 20 tahun 2022 yang mengatur bahwa kegiatan di atas 1.000 orang atau skala besar berkumpul pada waktu dan tempat yang sama, maka diwajibkan mendapat rekomendasi kegiatan dari Satgas Nasional, Izin Kepolisian, seluruh peserta wajib sudah divaksinasi sampai booster.

“Kami dari DKK Balikpapan siap mendukung bagi panitia-panitia kegiatan yang akan melaksanakan kegiatan di Kota Balikpapan untuk warga dapat vaksinasi boosternya,” akunya.

Terkait pelaksanaan konser musik yang rencananya akan dilaksanakan di stadion batakan, pihakny  juga baru mendengar informasi tetapi surat resminya di seketariat Satgas Covid Kota belum melihat karena menunggu inmendagri.

“Jadi harapkan agar seluruh panitia kegiatan mematuhi ketentuan ini dengan memohon izin dari Satgas Nasional dan juga keberlangsungan acara didukung dengan prokes ketat, panitia wajib menyediakan tim pengawasan,” imbuhnya.

Baca juga ini :  KPPU Denda PT CSKC Senilai Rp 22,325 Miliar

Bagaimana hal ini juga untuk mendukung pemulihan ekonomi dan bangkit, Dio melihat jika dilakukan bersama-sama pengawasan bisa terkendali dan masyarakat taat prokes, serta panitia mengikuti ketentuan dan persyaratan sehingga yakin bisa diatasi.

“Kami juga memantau kasus Covid karena dari hasil skrinning banyak yang tidak bergejala, jadi inmendagri mempertimbangan 8 indikator dan tetap waspada karena kita juga dipantau  Satgas Covid provinsi untuk Satgas harian,

“Saat ini Kasus covid di Balikpapan didominasi pekerja migas agar mematuhi prokes bukan hanya di lokasi kerja, tapi jika off harap juga melakukan prokes dan memantau karyawannya jika kembali masuk kerja,” tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Balikpapan Zulkifli mengatakan, sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri, pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk melaksanakan sejumlah kegiatan untuk memeriah peringatan HUT RI ke-77. Di antaranya dengan memberi kelonggaran kepada masyarakat untuk menggelar pawai hingga lomba 17-an di masing wilayahnya.

“Untuk kegiatan 17-an, kita panitia tingkat kota sudah mendapatkan rekomendasi untuk kegiatan berskala besar dari Satgas penanganan Covid-19 nasional. Tinggal bagaimana kita menerapkan protokol kesehatan secara ketat di lapangan. Kita diizinkan menggelar kegiatan secara nasional di tingkat kota, maka otomatis masyarakat kita berikan izin untuk melaksanakan kegiatan keramaian di masyarakat,” kata Zulkifli.

Zulkifli mempersilahkan kepada masyarakat untuk menggelar kegiatan 17-an di masing-masing wilayahnya, tapi dengan catatan kalau mengerahkan masyarakat lebih dari 300 orang ke atas harus izin Satgas Covid-19 Kota Balikpapan.

“Kalau cuma sekelas RT ya silakan jalan saja. Karena terlalu banyak juga administratif kalau semuanya mengajukan izin ke Satgas. Biasanya kan, ada kegiatan tuh lintas RT misalnya, melibatkan berapa RT seperti jalan santai ataupun lomba-lomba, silakan jalan. Tapi kita tetapkan agar protokol kesehatan tetap dijalankan sesuai dengan imbauan dari bapak Wali Kota,” pungkasnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.