Home / iniFLASH / Mulai Senin Liga 1 dan 2 Dihentikan Minimal 2 pekan, LIhat Perkembangan Corona

Mulai Senin Liga 1 dan 2 Dihentikan Minimal 2 pekan, LIhat Perkembangan Corona

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Liga 2 baru Kick Off pukul 19.40 wita yang pembukaan diresmikan di stadion Batakan Balikpapan, Sabtu malam (14/3), Pemerintah dan PSSI langsung mengumumkan penundanan pertandingan Liga 1 dan Liga 2.

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Ketua PSSI dan Menteri Pemuda dan Olahraga saat tim Persiba sedang berlangsung menjamu Kalteng Putra di Stadion Batakan berlangsung sekitar 30 menit dari kick off.

Mulai Senin (16/3) seluruh pertandingan sepakbola Liga 1 dan 2 di seluruh Indonesia dihentikan minimal dua pecan sambil melihat perkembangan kasus corona.

Hal ini disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali bersama Ketua PSSI Achmad Iriawan dan pengurus exco di ruangan VVIP Stadion Batakan, Balikpapan saat berlangsung pertandingan Persiba menjamu Kalteng Putra, Sabtu malam (14/3/2020)

“Perkembangan demi perkembang kita pantau terus, ternyata penyebaran virus corona makin luas dan dibutuhkan kewaspadaan tinggi khususnya untuk penyelenggaraan kegiatan –kegiatan keolahragaan termasuk kegiatan sepakbola. Jadi ketua umum dan teman-teman pengurus  lain meminta pandangan ke saya selaku pemerintah dan sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga tentang situasi dan perkembangan terakhir kondisi di tanah air,” terangnya kepada media.

“Saya memberikan pendangan dan informasi kepada ketua umum dan seluruh pengurus sehingga itu menjadi bahan diskusi kita antara saya dan teman-teman pengurus PSSI khususnya tentang keberlangsungan penyelenggaraan kompetisi liga 1 dan liga 2 yang sekarang ini masih sedang  berlangsung dan konsisten dengan keputusan rapat kita kemarin di kantor Kemenpora bahwa kebijakan  dicabor-cabor sedang dan akan dilakukan diserahkan kepada induk organisasi masing-masing. Tadi kami sudah berdiskusi dan rapat dan sudah menghasilkan solusi. Untuk itu ketua umum PSSI akan menyampaikan kepada teman-teman,” tuturnya.

Ketua Umum PSSI Achmad Iriawan mengatakan pihak sejak  Sabtu sore sudah diskusi dengan Menteri Pemuda dan Olaharga berkaitan dengan  masalah korona. Yakni Eskalasi dan dinamika di lapangan makin meningkat.

Diputuskan mulai senin dihentikan dan rencana Senin akan dikumpulkan para manager club.

“Malah kami para exco berkumpul di ruangan ini meminta pandangan dari pak menpora, disepakati memang untuk liga 1 Senin sudah harus berhenti kebetulan ada off yang kita diskusikan liga 2. Walau kita diskusakan tapi formal Senin kita panggil para manager club karena undangan demikian. Tapi direktur LIB sudah menyampaikan di watt aps grup kepada liga 2 hampir semuanya menyetujui besok (minggu ) terakhir karena masih ada 10 pertandingan yagn dilakukan baik liga 1 dan 2 sehingga Senin kita putuskan  semuanya tidak  ada pertandingan baik liga 1 maupun liga 2. Jadi itu keputusan kami rapat disini dengan para exco, yang menghasilkan liga1 dan liga 2 besok terakhir dan senin sudah tidak ada pertandingan di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Menurutnya tenggat dua pecan menghentikan sementara pertandingan Liga sambil melihat situasi kedepan.

“Kita  tentukan minimal dua minggu, mudah-mudahan dalam 2 minggu ini sudah ada perkembangan bagus  berkaitan perkembangan korona. Kita terus memantau perkembangan berkaitan  dengan penyebaran korona. Kita akan lihat perkembangan nanti karena kita akan terus berkomunikasi dengan pak menpora untuk update terus perkembangan bagaimana penyelenggaraan liga ini,” tandasnya.

Tendangan kehormatan dilakukan Menpora dan Ketum PSSI saat pembukaan liga 2 di stadion Batakan (14/3)

Terhadap tim yang sudah di lokasi pada pertandingan hari Senin, menurutnya tetap dihentikan namun akomodasi tim akan diganti oleh LIB.

“Tadi sudah diputuskan tetap berhenti. Senin itu (liga 2) ada Yapen Waropen di Biak dengan Sunan giri. Pihak LIB akan ganti  itu,” ujarnya.

Menpora : Bukti Keseriusan Pemerintah

Kemenpora Zainuddin Amali kembali menyampaikan bahwa pemerintah berterimakasih kepada PSSI atas keputusan yang sangat bijak.

“Itu artinya kita sangat serius memperhatikan apa yang sudah disampaikan oleh WHO maupun Kementerian Kesehatan. Liga terakhir besok dan untuk selanjutnya ditunda sampai dua minggu sambil melihat perkembangan. Tentu kita akan evaluasi perkembangan seperti apa kita akan berkordinasi terus,” tuturnya.

“Sekali lagi ini bukti pemerintah  berkordinasi dengan cabang-cabang olah raga,” tutupnya kepada media mengakhir konfrensi pers terkait penyelenggaraan liga yang dihentikan sementara akibat penyebaran korona.

Hasil pertandingan Pembuka Persiba vs Kalteng Putra berakhir 3-2 untuk tuan rumah.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Masih Tersisa 20 Persen, Kantor Pos Distribusikan BST Pemkot Mulai Rabu

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Penyaluran bantuan sosial tunai tahap 3 dan 4 dari APBD Kota yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.