Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty saat Konfrensi Pers

Pagi Ini, Pemkot Balikpapan Lakukan Vaksinasi Covid-19 Terhadap Nakes Berusia 60 Tahun Keatas

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan akan menggelar vaksinasi covid-19 terhadap tenaga kesehatan (nakes) berusia 60-70 tahun keatas. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (DKK) Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty.

“Jadi untuk tenaga kesehatan berusia 60 tahun akan kami mulai besok jam 09.00 wita sampai selesai,” ujar Andi Sri.

Juru BIcara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan itu menuturkan, ada tiga fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang disiapkan untuk melakukan vaksinasi. Diantaranya rumah sakit Kanudjoso Djatiwibowo Balikpapan.

“Lokasinya RSUD Kanudjoso Djatiwibowo, rumah sakit Restu Ibu dan Puskemas Klandasan Ilir Balikpapan,” ujarnya.

Sebelumnya, pasca Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan izin penggunaan vaksin covid-19 Sinovac untuk lansia 60-70 tahun, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin langsung memerintahkan jajarannya untuk memulai vaksinasi

“Kami sudah memperbaiki petunjuk teknisnya, sudah mengkomunikasi dengan teman-teman jajaran Kemenkes dilapangan agar mulai besok hari Senin Jam 9, vaksinasi untuk orang-orang dengan usia di atas 60 tahun bisa kita mulai,” ujarnya dilansir dari suara.com jaringan inibalikpapan.com

Mantan Wakil Menteri BUMN itu menjelaskan, keputusan tersebut diambil pemerintah karena lansia sangat rentan tertular covid-19. Bahkan sekitar 50 persen dari total angka kematian Indonesia adalah kelompok lansia.

“Itu sebabnya di luar negeri pasti setelah tenaga kesehatan atau berbarengan dengan nakes, vaksinasi diberikan kepada lansia, karena berbasis risiko,” ujarnya.

Baca juga ini :  Lawan Perseru, Pembuktian Melkior Leideker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.