Pasarkan Hasil Laut ke Luar Negeri, Wakili Kaltim Diajang Pemuda Pelopor Tingkat Nasional

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Diera Globalisasi seperti saat ini pemuda Balikpapan mulai menunjukkan ekstensinya, seperti yang dicontohkan Utari Oktavianti yang terpilih menjadi Pemuda Pelopor Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan berkesempatan menuju ke jenjang yang lebih tinggi hingga ke nasional.

“Iya, Utari Oktavianti ini terpilih mewakili Provinsi Kaltim melalui pemilihan seleksi yang cukup panjang, untuk berjuang dilevel nasional dalam even pemuda pelopor tingkat nasional 2021 bidang teknologi informasi, yakni memasarkan hasil laut ke nasional maupun ke mancanegara,” ujar Kepala Disporapar Kota Balikpapan, Doortje Marpaung kepada awak media belum lama ini.

Bahkan hasil ekspornya sudah sampai keluar negeri, seperti Amerika, Kanada, Cina, Korea, Singapure, Malaysia dan Jepang dan akan memperluas pemasaran sampai ke eropa.

“Yang di eropa ni yang lagi dijajaki dengan kerja sama dengan pihak kedutaan,nah yang di eropa targetnya Inggris dulu,” akunya.

Bahkan, dikatakan Doortje, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud juga tertarik banget dengan usaha yang dikelola Utari ini, karena mengangkat omsetnya para nelayan.

“Nah bagi nelayan yang belum dicover, bisa bersama-sama gabung dia untuk memenuhi omzet yang dipesan dari luar negeri yang kadang dia kewalahan memenuhi permintaan seperti udang, kepiting rajungan, ikan kerapu, kakap, tengiri,” katanya.

Sementara itu Utari mengaku, dalam waktu dekat juga akan berkoordinasi dengan Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan di Kota Balikpapan, agar kalau ada pemain perikanan di Balikpapan untuk bergabung jadi mitra, dengan datang ke langsung ke Kampung Baru atau Manggar dan bisa cek IG Aruna Indonesia.

“Sekarang pemintaan untuk 1 komoditas bisa capai 10 kontainer perbulan, kami baru bisa sediakan dua kontainer jadi masih besar untuk bekerja sama,” tutup Utari.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.