Home / covid-19 / Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Tak Diberi Obat dan Tak Diterapi
Andi Sri Juliarty

Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Tak Diberi Obat dan Tak Diterapi

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Terkait keluhan para pedagang Pasar Rapak yang mengeluhkan rekan mereka tidak diberi obat maupun vitamin setelah diketahui positif terinveksi covid-19 tanpa gejala dan melakukan isolasi mandiri.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty pun angkat bicara. Dia mengatakan, untuk pasien positif tanpa gejala memang tidak diberikan. Hanya disarankan mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi.

“Untuk obat karena tanpa gejala maka tidak diberikan obat anti virus tetapi hanya mengkonsumsi makanan yang bergizi atau jika ada vitamin ditambah dengan vitamin,” ujarnya

Kemudian juga pasien diminta untuk berjemur sinar matahari setiap pagi untuk mempercepat proses penyembuhan. Termasuk juga tidak stress. “Berjemur di pagi hari dan selebihnya menjaga supaya moodnya atau perasaannya tidak stress” ujarnya.

Tidak ada terapi apapun untuk pasien tanpa gejala dan isolasi mandiri hanya untuk memutus mata rantai penularan. “Tidak ada terapi khusus, isolasi mandiri hanya benar-benar untuk memisahkan atau memutus mata rantai penularan dengan mengatur jaraknya,” ujarnya

Kata dia, isolasi mandiri juga harus benar-benar dipastikan bahwa memiliki kamar sendiri, tidak bergabung. Kemudian menggunakan peralatan mandi sendiri dam perlatan makan sendiri. Sehingga untuk mencegah penularan di keluarga.

“Untuk isolasi mandiri sebenarnya sudah ada sudah kami share sudah sosialisasikan bahwa yang pertama harus di kamar sendiri di rumah kemudian tidak bercampur dengan orang lain alat mandi sendiri, alat makan sendiri. Masker tetap dipakai,” ujarnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Update 27 September 2020 : Bertambah 140 Kasus Positif Covid-19 di Kaltim, 144 Pasien Sembuh

SAMARINDA, Inibalikpapan.com – Kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kaltim hari ini kembali bertambah. Laporan Satgas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.