Menteri Bintang Puspayoga dalam dialog bersama Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro / kemenpppa

Pentingnya Peran Keluarga Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19

JAKRTA, Inibalikpapan.com – Penyebaran Covid-19 semakin terus meluas hingga memunculkan penyebaran kluster keluarga. Untuk mencegah Covid-19 menyebar lebih luas, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga menekankan pentingnya peran serta keluarga dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Menteri Bintang mengimbau keluarga disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M yakni menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak. Masker digunakan baik di luar maupun di dalam rumah, terutama jika di dalam rumah terdapat kelompok rentan, seperti lanjut usia (lansia) dan balita.

“Saya mengajak seluruh keluarga di Indonesia, terutama perempuan dan anak, mari kita bergerak bersama, berkerja sama, bergotong royong, untuk bisa kita keluar dari masa sulit ini. Caranya tetap pakai masker,” ujarnya

“Memakai masker tidak hanya kita lakukan di luar, di dalam rumah pun harus kita lakukan, terutama jika di dalam rumah terdapat kelompok rentan, seperti balita dan lansia. Kemudian rajin mencuci tangan dan menjaga jarak,”

Menurutya menjaga jarak penting dilakukan sebagai upaya pencegahan, terutama dengan menghindari pertemuan langsung (offline) yang mendatangkan banyak orang, serta kegiatan yang tidak begitu penting dan mendesak. Menteri Bintang mengimbau agar pertemuan dapat dilakukan secara daring atau online.

“Dalam mencegah kluster keluarga, salah satu hal penting yang harus kita lakukan dari sisi keluarga untuk bisa menghindari dan mengurangi pertemuan-pertemuan secara offline yang bisa ditunda dan bisa dihindari,” ujarnya

“Pertemuan tersebut salah satunya dengan keluarga besar, misalnya acara ulang tahun, kemudian dengan komunitas, seperti reuni atau arisan. Kalau pun harus dilakukan, bisa dilakukan secara daring atau online,”

Bagi anggota keluarga yang melakukan kegiatan di luar rumah, Menteri Bintang mengingatkan agar setiap anggota keluarga, terutama ayah dan ibu selalu memastikan dan mengutamakan kesehatan diri dan keluarga. Selain itu, menghindari interaksi langsung dengan keluarga di rumah sebelum membersihkan diri terlebih dulu.

“Bagi ayah, ibu, atau anggota keluarga yang keluar rumah, setiap pulang dari luar, begitu sampai di rumah jangan langsung melaksanakan aktivitas dan interaksi dengan keluarga, tapi langsung bersih-bersih diri, mandi, dan ganti pakaian. Setelah itu, baru kita melakukan aktivitas dan interaksi dengan keluarga. Inilah yang perlu kita lakukan bersama-sama untuk mencegah kluster dalam keluarga,” ujar Menteri Bintang.

Hingga Kamis 25 September 2020 jumlah sudah mencapai lebih dari 1.100 klaster di Indonesia dan sebagian adalah kluster keluarga. (kemenpppa)

Comments

comments

About glen

Check Also

Update 30 Oktober 2020 : Bertambah 11 Kasus Positif Covid-19 di Balikpapan, 1 Kasus Kematian

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Balikpapan melandai. Hari ini bahkan laporan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.