Penyerahan Hasil TMMD Ke 110 Tahun 2021 Kodim 0903/Tanjung Selor

Penyerahan Hasil TMMD Ke 110 Tahun 2021 Kodim 0903/Tanjung Selor

TANJUNG SELOR, Inibalikpapan.com – Penyerahan Hasil TMMD Ke 110 Tahun 2021 Kodim 0903/Tanjung Selor bertempat di Makodim 0903/Tsr Jalan Kolonel Soetadji Kel. Tanjung Selor Hilir, Kec Tanjung Selor, Kab Bulungan, Rabu (31/3/2021).

Danrem 092/Mrl yang diwakili Kolonel Kav Suteja Kasi Ter Korem 092/Mrl menyampaikan seperti kita ketahui bersama bahwa, Program TNI Manunggal Membangun Desa ke-110 TA 2021 merupakan program yang dilaksanakan lintas sektoral dengan melibatkan Pemda, Polri, Instansi terkait dan masyarakat setempat.

Pelaksanaan TMMD ke-110 di jajaran Kodam VI/Mulawarman kali ini, dilaksanakan di wilayah Kodim 0912/Kutai Barat, Kodim 0903/Tanjung Selor, Kodim 1003/Kandangan dan Kodim 1008/Tanjung, dengan mengambil tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”.

Berdasarkan hasil pengawasan dan evaluasi, saya menilai bahwa penyelenggaraan TMMD kali ini telah dapat berjalan dengan baik, tertib, aman dan lancar dengan hasil yang sangat memuaskan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya sampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh personel Satgas TMMD di jajaran Kodam VI/Mulawarman yang telah dapat mewujudkan pencapaian sasaran sesuai dengan rencana dan waktu yang telah ditetapkan.

Pelaksanaan Program TMMD ke-110 yang telah dilaksanakan di wilayah Kodam VI/Mulawarman, untuk sasaran pembangunan fisik telah mencapai 100%, para personel Satgas TMMD dan seluruh komponen masyarakat yang terlibat telah berhasil menyelesaikan pembangunan infrastruktur pedesaan berupa pembuatan badan jalan, jembatan, dan gorong-gorong serta pembangunan fasilitas ibadah, sarana prasarana maupun fasilitas umum lainnya bagi masyarakat seperti pembuatan Poskamling dan lain-lain.

Untuk kegiatan non fisik yang telah dilaksanakan melalui kerjasama dengan Aparat Pemerintah Daerah terkait dan Kepolisian Republik Indonesia, telah dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang berbagai hal yang yang berkaitan dengan pemahaman bela negara, wawasan kebangsaan, Kamtibmas dan bahaya narkoba.

Baca juga ini :  Warga Antusias Sambut TMMD 109 di Wilayah Perbatasan

Selain itu, dalam Pelaksanaan Program TMMD ke-110 juga dilakukan Program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni, kegiatan bakti sosial seperti donor darah, sosialisasi tentang Pos Binaan Terpadu (Posbindu), pembagian Sembako, Vaksinasi Covid-19 serta KB Kesehatan dan perpustakaan keliling sebagai wujud komitmen TNI dalam mengatasi kesulitan rakyat dan upaya mensejahterakan kehidupan masyarakat terutama di daerah pedesaan dan perbatasan.

Bupati Bulungan diwakili Khairul Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Bulungan menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Bulungan, saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada TNI, Terkhusus kepada Kodim 0903/Tsr atas terselenggaranya kegiatan pelaksanaan kegiatan TMMD Ke-110 Tahun 2021 Di Kabupaten Bulungan yang dimulai sejak tanggal 2 Maret 2021 yang lalu.

Terkait kegiatan dimaksud, tentunya pemerintah daerah memiliki harapan terhadap peningkatan jalinan kerjasama antara seluruh instansi baik TNI, Polri dan sipil di wilayah Kabupaten Bulungan, dalam konteks peningkatan kesejahteraan masyarakat pada seluruh aspek kehidupan.

Aspek legal terlibatnya TNI dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah, penting untuk diketahui. Mengingat masih adanya stigma masa lampau yang menganggap TNI masih belum sepenuhnya berkonsentrasi terhadap tugasnya.

Kita harus senantiasa mengembangkan prasangka baik dan pemikiran konstruktif, terkait dengan pelaksanaan tugas pokok TNI.

Selaku kepala daerah saya menyadari benar, bahwa pola kerjasama lintas sektoral dan koordinasi antar pemangku kebijakan maupun pemangku kepentingan, akan lebih efektif Dalam mewujudkan tujuan pembangunan daerah, korelasinya dengan upaya kita bersama dalam mengakselerasi tercapainya tujuan pembangunan nasional, yaitu terwujudnya masyarakat adil, makmur dan sejahtera.

Dalam konteks inilah semua pihak harus dapat memahami dan menangkap pemikiran, tentang konsepsi tugas pokok TNI yang salah satunya terkait dengan membantu tugas pemerintahan daerah pada umumnya, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah khususnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.